ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DIVIDEND PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN FOOD AND BAVERAGE YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA

IRA , RUSTIANA (2010) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DIVIDEND PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN FOOD AND BAVERAGE YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (65Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (320Kb)

      Abstract

      ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DIVIDEND PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN FOOD AND BAVERAGE YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA Oleh : IRA RUSTIANA Abstrak Perusahaan yang labanya stabil seringkali tepat meramalkan pendapatannya di masa depan, perusahaan seperti ini lebih memungkinkan membayar dividen dalam presentase yang lebih besar dibanding perusahaan yang pendapatannya berfluktuasi, sedang perusahaan yang labanya berfluktuasi tidak dapat memastikan apakah harapan pendapatannya bisa direalisir, karena itu untuk berjaga-jaga perusahaan akan menahan labanya dalam presentase yang tinggi. Kebijakan dividen atau keputusan dividen pada hakekatnya menentukan posisi laba yang akan dibagikan kepada pemegang saham dan berapa banyak yang tidak dibagikan sebagai laba ditahan. Jika dilihat sepintas kebijakan pembagian deviden merupakan salah satu dari sekian banyak kebijakan yang dimiliki oleh perusahaan yang harus dilaksanakan dan direalisasikan kepada pemegang saham. Hal ini disebabkan karena tanpa adanya pembagian deviden maka dikuatirkan para pemegang saham akan beralih ke perusahaan lain yang sudah jelas pembagian devidennya. Untuk itu pihak manajemen harus memutuskan berapa bagian pendapatan yang akan diinvestasikan kembali dan berapa bagian pendapatan perusahaan yang harus dibagikan perusahaan kepada pemegang saham dalam bentuk deviden kas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan secara empiris pengaruh Cash Position, Debt to Equitr Ratio dan Pertumbuhan Laba Relatif terhadap Dividend Payout Ratio pada perusahaan Food and Baverage yang go publik di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 perusahaan Food and Baverage yang go publik di Bursa Efek Indonesia, sedangkan sumber data yang digunakan berasal dari Bursa Efek Indonesia, dan data yang diperoleh tersebut dianalisis dengan menggunakan Uji Regresi Linier Berganda. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan diduga ada pengaruh Cash Position, Debt to Equity Ratio dan Pertumbuhan Laba Relatif terhadap Dividend Payout Ratio pada perusahaan Food and Baverage yang go publik di Bursa Efek Indonesia, teruji kebenarannya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      H Social Sciences > HG Finance
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 04 Mar 2011 11:59
      Last Modified: 04 Mar 2011 11:59
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/720

      Actions (login required)

      View Item