REPRESENTASI “SEKSUALITAS” PADA LIRIK LAGU “CINTA SATU MALAM” (Studi Semiologi Tentang Representasi “Seksualitas” Pada Lirik Lagu “Cinta Satu Malam” Oleh Melinda)

Citra , Estiyaning Wamy (2010) REPRESENTASI “SEKSUALITAS” PADA LIRIK LAGU “CINTA SATU MALAM” (Studi Semiologi Tentang Representasi “Seksualitas” Pada Lirik Lagu “Cinta Satu Malam” Oleh Melinda). Undergraduate thesis, UPN 'Veteran" JATIM.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (144Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (222Kb)

      Abstract

      Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui representasi seksualitas dalam lirik lagu “Cinta Satu Malam” yang dibawakan oleh “Melinda” dengan menggunakan Semiologi Barthes yang dimaknai dengan menggunakan lima macam kode menurut Barthes, yaitu kode hermeunitik, kode semik, kode simbolik, kode proaretik dan kode kultural untuk pemaknaan sebuah tanda, dari proses pemaknaan melalui pembacaan dari kode-kode tersebut akan diungkap substansi dari pesan dibalik lirik lagu “Cinta Satu Malam” Metode yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan metode signifikasi dua tahap (two order of signification) dari Roland Barthes. Diaman pada tahapan pertama tanda denotatif (denotative sign) terdiri atas penanda dan petanda (signifier signified). Dan pada tahapan kedaua tanda denotatif (denotative sign) juga merupakan peanda konotatif (konotative signifier) sehingga muncul petanda konotatif (konotative signified) yang akan membentuk tanda konotatif (konotative sign). Dari hasil penelitian ini Lirik lagu Cinta Satu Malam secara denotatif adalah berbicara tentang ungkapan kenikmatan dari hubungan seksual, yang berarti segala sesuatu yang menyangkut dan sikap berkaitan dengan perilaku seksual maupun orientasi seksual yang hanya berlangsung satu malam. Masalah perilaku yang menyimpang dari norma, selalu menjadi bahan yang menarik untuk menjadi bahan perbincangan, apalagi yang berhubungan dengan seksual, masalah ini merupakan masalah yang sensitif yang menyangkut masalah-masalah peraturan sosial, segi-segi moral, etika dalam masyarakat dan aturan-aturan dalam agama.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and symbols
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 04 Mar 2011 13:32
      Last Modified: 04 Mar 2011 13:32
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/728

      Actions (login required)

      View Item