OPINI IBU RUMAH TANGGA SURABAYA TERHADAP LELAKI TOLAK POLIGAMI (Studi Deskriptif Opini Ibu Rumah Tangga Surabaya Terhadap Lelaki Tolak Poligami Pasca Pemberitaan Di Harian Surya)

HENDRA , PRASETYA (2010) OPINI IBU RUMAH TANGGA SURABAYA TERHADAP LELAKI TOLAK POLIGAMI (Studi Deskriptif Opini Ibu Rumah Tangga Surabaya Terhadap Lelaki Tolak Poligami Pasca Pemberitaan Di Harian Surya). Undergraduate thesis, UPN 'Veteran" JATIM.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (220Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (175Kb)

      Abstract

      Peneliti mengambil penelitian opini ibu rumah tangga Surabaya terhadap laki – laki pasca pemberitaan ”Lelaki Tolak Poligami” di harian Surya, Pemberitaan mengenai lelaki tolak poligami ini merupakan suatu hal fenomenal yang menimbulkan banyak pemikiran, yang seharusnya disini perempuan merasa dirugikan dan sangat menentang poligami, berita ini justru di awali dari sikap lelaki yang menolak poligami. Peneliti menggunakan kota Surabaya sebagai objek penelitian karena kota Surabaya menempati posisi kedua dengan kasus perceraian tertinggi akibat poligami setelah kota Bandung. Landasan teori yang dipakai yaitu, pengertian komunikasi massa, pengertian media massa, pengertian opini, pengertian berita, definisi poligami, definisi ibu rumah tangga, surat kabar sebagai kontrol sosial, dan teori S-O-R. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dimana peneliti akan menjabarkan dan menginterpretasikan data secara sistematis dan terperinci mengenai opini ibu rumah tangga Surabaya pasca pemberitaan ”Lelaki Tolak Poligami” di harian Surya. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan tabel frekuensi yang digunakan untuk menggambarkan data yang didasarkan penyebaran kuesioner yang diisi oleh responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Populasi penelitian ini adalah ibu rumah tangga di kota Surabaya yang pernah membaca pemberitaan tentang lelaki tolak poligami di media cetak khususnya harian Surya. Teknik sampel yang digunakan adalah non probability sampling, yaitu aksidental sampling. Penentuan jumlah sampel penelitian menggunakan rumus Yamane. Dari tabel frekuensi diketahui bahwa hasil keseluruhan dari penelitian ini menunjukkan, responden memiliki opini pada jawaban positif yaitu sebanyak 68 orang atau sebesar 68 %, netral yaitu sebanyak 32 orang atau sebesar 32 % dan tidak ada responden yang beropini negatif atau sebesar 0% Kesimpulan dalam penelitian opini ibu rumah tangga Surabaya pasca pemberitaan ”Lelaki Tolak Poligami” di harian Surya adalah positif, artinya pembaca berita “Lelaki Tolak Poligami” di harian Surya berpendapat bahwa fenomena lelaki tolak poligami memberikan gambaran baru, bahwa tidak semua laki – laki berminat untuk berpoligami dan mayoritas responden menyatakan menerima serta sependapat dengan pemberitaan ini.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99.5 Nonverbal communication
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Anantha P
      Date Deposited: 04 Mar 2011 14:19
      Last Modified: 04 Mar 2011 14:19
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/730

      Actions (login required)

      View Item