KUALITAS LAYANAN DAN PERATURAN PAJAK DAERAH TERHADAP TINGKAT KEPUASAN SERTA SIKAP PADA KEPATUHAN WAJIB PAJAK

Rusdi , Hidayat N (2016) KUALITAS LAYANAN DAN PERATURAN PAJAK DAERAH TERHADAP TINGKAT KEPUASAN SERTA SIKAP PADA KEPATUHAN WAJIB PAJAK. Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 6 (2). pp. 191-202. ISSN 2303-0089

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (893Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Peer Reviewer) - Published Version
    Download (164Kb) | Preview

      Abstract

      Mengingat kesadaran dan kepatuhan wajib pajak merupakan faktor penting bagi peningkatan penerimaan pajak, maka perlu secara intensif dikaji tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak, khususnya wajib pajak badan. Penurunan target pajak pada tahun 2014 diindikasikan masih rendahnya kualitas pelayanan pajak. Dengan pelayanan pajak yang lebih baik disertai aturan yang jelas, diharapkan motivasi masyarakat membayar pajak meningkat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan pajak, peraturan pajak daerah terhadap tingkat kepuasan serta sikap dan kepatuhan wajib pajak.Penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif, dengan jenis Penelitian Ekplanatori. Yang bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kualitas layanan pajak, peraturan pajak daerah terhadap tingkat kepuasan serta sikap dan kepatuhan wajib pajak. Data dari Kator Dinas Pendapatan Kota Madiun diperoleh jumlah Populasi 258 wajib pajak. Sedangkan Sampel ditentukan dengan menggunakan Rumus Slovin sebanyak 157 wajib pajak.Hasil dari penelitian ini adalah Kualitas Layanan Wajib Pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tingkat Kepuasan Wajib Pajak. Kualitas layanan wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Sikap Wajib Pajak. Kualitas layanan wajib pajak berpengaruh negatif, tetapi tidak signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Peraturan Pajak Daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tingkat Kepuasan Wajib Pajak. Peraturan Pajak Daerah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Sikap Wajib Pajak. Peraturan Pajak Daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Tingkat Kepuasan Wajib Pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Sikap Wajib Pajak. Tingkat Kepuasan Wajib Pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Sikap Wajib Pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kata kunci : kualitas layanan pajak, peraturan pajak daerah, tingkat kepuasan, sikap dan kepatuhan wajib pajak

      Item Type: Article
      Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ2240 Revenue. Taxation. Internal revenue
      Divisions: UPN Jatim Journal
      Depositing User: Fatchullah ZA
      Date Deposited: 13 Dec 2017 14:51
      Last Modified: 24 Jan 2019 09:13
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/7300

      Actions (login required)

      View Item