Opini Masyarakat Tentang Pemberitaan Penangkapan Petugas Dinas Kelautan dan Perikanan(DKP)Kepulauan Riau oleh Polisi Malaysia di Surat Kabar Jawa, (Studi Deskriptif Opini Masyarakat Tentang Pemberitaan Penangkapan Petugas Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kepulauan Riau oleh Polisi Malaysia di Surat Kabar Jawa Edisi 16-27 Agustus 2010)

Deasy , Listyani (2010) Opini Masyarakat Tentang Pemberitaan Penangkapan Petugas Dinas Kelautan dan Perikanan(DKP)Kepulauan Riau oleh Polisi Malaysia di Surat Kabar Jawa, (Studi Deskriptif Opini Masyarakat Tentang Pemberitaan Penangkapan Petugas Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kepulauan Riau oleh Polisi Malaysia di Surat Kabar Jawa Edisi 16-27 Agustus 2010). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (160Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (287Kb)

      Abstract

      Pemberitaan tentang penangkapan petugas Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kepulauan Riau oleh Polisi Malaysia di Surat Kabar Jawa Pos dipicu oleh peristiwa yang terjadi pada tanggal 16 Agustus 2010, hal tersebut menambah konflik dan pro kontra yang terjadi antara Indonesia dengan Malaysia mengenai perbatasan wilayah perairan. Peristiwa ini terjadi saat 3 petugas Dinas Kelautan dan Perikanan Indonesia yang sedang menangkap para nelayan Malaysia diperairan Indonesia, malah akhirnya ditangkap dan ditahan oleh petugas keamanan laut Malaysia.Dan dengan adanya penangkapan petugas DKP Kepri oleh Police Marine Malaysia membuat hubungan diplomatik yang sempat membaik kembali memanas.Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui opini masyarakat Surabaya tentang pemberitaan penangkapan petugas (DKP) di surat kabar Jawa Pos. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Media Komunikasi Massa, Surat Kabar, Surat Kabar Sebagai Media Komunikasi Massa, Surat Kabar Sebagai Fungsi Informasi, Surat Kabar Sebagai Kontrol Sosial, Opini, Pengertian Berita, dan Teori Stimulus-Organism-Respon. Metode analisis menggunakan tabel frekuensi, dan data diperoleh dari hasil kuesioner. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik non propobality sampling dan Purposive Sampling. Dari analisis dan interpretasi data yang telah diuraikan maka dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan hasil opini para responden dalam penelitian ini yaitu masyarakat di wilayah Surabaya berada pada kategori negatif. Hal ini dikarenakan responden tidak mendukung dengan adanya penangkapan yang dilakukan oleh polisi Malaysia kepada petugas Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kepulauan Riau.Dalam pemberitaan itu dapat disimpulkan dimana diperlukan adanya hubungan bilateral yang baik,serta peranan semua pihak dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 04 Mar 2011 15:53
      Last Modified: 04 Mar 2011 15:53
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/744

      Actions (login required)

      View Item