Analisis Indeks Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Layanan Perguruan Tinggi Di Perguruan Tinggi X.

Purwadi, - (2018) Analisis Indeks Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Layanan Perguruan Tinggi Di Perguruan Tinggi X. Jurnal Ilmu Ekonomi Pembangunan , 9 (1). pp. 1-13. ISSN 977-2088-0677

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (784Kb) | Preview

    Abstract

    Perguruan Tinggi X sebagai Perguruan Tinggi Negeri merupakan instansi pemerintah wajib melaksanakan Permenpan Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik, Permenpan Nomor 16 Tahun 2014 tentang Survei Kepuasan Masyarakat, dan Permenpan Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Pengaduan. Oleh karena itu Perguruan Tinggi X dituntut untuk memberikan jasa atau layanan pendidikan yang berkualitas dan bernilai tinggi agar mahasiswa merasa puas, semakin percaya, tidak pindah ke perguruan tinggi lain. Akhir-akhir ini kualitas layanan pendidikan perguruan tinggi sering memperoleh kritikan karena dianggap memiliki kinerja rendah. Misalnya, layanan akademik yang tidak memuaskan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang kuliah di Perguruan Tinggi X. Sedangkan sampel diambil secara random, yaitu mahasiswa dari perwakilan masing-masing Program Studi secara proporsional. Total Sampel yang dijadikan responden dalam penelitian ini sebanyak 385 responden, yang terdistribusi masing-masing Prodi. Teknik analisis datanya dilakukan dengan menggunakan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang dihitung dengan menggunakan nilai rata-rata tertimbang masing-masing unsur pelayanan. Hasil penelitian indeks kepuasan mahasiswa akan kualitas pelayanan yang diperoleh di Perguruan Tinggi X berdasarkan persepsi responden (mahasiswa) terhadap indikator-indikator layanan akademik yang meliputi 5 (lima) aspek indikator yaitu indikator Aspek Information System (Sistem informasi kemahasiswaan), Aspek Reliability (kehandalan dosen ), Aspek Responsiveness (Sikap tanggap), Aspek Assurance (perlakuan pada mahasiswa), Aspek Empathy (Pemahaman terhadap kepentingan mahasiswa) termasuk kategori kurang memuaskan, dengan nilai IKM sebesar 2,41 atau nilai konversi IKM sebesar 60,35. Hanya aspek Reliability (kehandalan dosen) yang memuaskan dengan nilai IKM sebesar 2,56 atai nilai konversi IKM sebesar 63,99. Kata Kunci : Indeks kepuasan, responden, layanan

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980 Service Industries
    Divisions: UPN Jatim Journal > Jurnal Ilmu Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Fatchullah ZA
    Date Deposited: 25 Apr 2018 13:30
    Last Modified: 25 Apr 2018 13:32
    URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/7524

    Actions (login required)

    View Item