PEMAKNAAN IKLAN 3 ( THREE ) CELLULAR ( Studi Semiotik Pemaknaan Iklan 3 ( Three ) Cellular Versi Balon Mengangkat Tiga Truk Dump Kalttapilar Bermuatan Pada Media Billboard )

DICKY , ARIESTA, (2010) PEMAKNAAN IKLAN 3 ( THREE ) CELLULAR ( Studi Semiotik Pemaknaan Iklan 3 ( Three ) Cellular Versi Balon Mengangkat Tiga Truk Dump Kalttapilar Bermuatan Pada Media Billboard ). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (112Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (231Kb)

      Abstract

      Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana makna yang disampaikan atau dikomunikasikan iklan tri melalui media cetak berupa poster yang berukuran besar dengan sebutan billboard. Kedalam sistem komunikasi berupa ikon, indeks, dan simbol. Objek Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotik pierce dan teori periklanan, makna, penggambaran billboard, jenis font, balon, truk, tali warna dalam iklan, dan komunikasi sebagai suatu proses simbolik. Sifat iklan seluler tri akan diteliti dengan menggunakan pendekatan studi semiotik, yaitu teori semiotik menurut Charles S. Pierce. Berdasarkan teori semiotik maka iklan seluler tri tersebut diteliti berdasarkan pengelompokan tanda pierce. Teks yang dipaparkan oleh iklan selular tri menimbulkan maksud yang berbeda bagi konsumen dengan gambar iklan yang ada, ikon (icon) yaitu suatu hubungan antara tanda dan objek yang bersifat kemiripan. Indeks (index) yaitu adanya suatu hubungan alamiah dengan antara tanda dan petanda yang terdapat hubungan sebab akibat. Simbol (symbol) yaitu merupakan tanda yang menunjukan hubungan alamiah antara peanda dengan petandanya. Berdasarkan metode penelitian penulis terhadap iklan seluler tri maka penulis memakai ikon seluler tri adalah balon mengangkat tiga truk bermuatan dengan tali. Indeks dalam iklan tersebut salah satunya adalah kalimat “hannya dengan Rp555/ hari kamu bisa...”, “nelpon sepuasnya”, “sms sesukanya ke semua operator”, dan “internet-an gratis” serta gambar HP, amplop sebagai lambang sms, dan lambang salah satu jaringan internat dengan posisi berjatuhan dari truk, dan kalimat “cukup aktivkan kartu super tri mu”. Sedangkan simbol pada iklan ini adalah gambar angka tiga berwarna kombinasi orange, kuning, dan putih sebagai lambang tri, tiga truk berwarna kuning, orange, dan merah, warna biru pada beckgroun, Warna Putih pada Tali, Tulisan”Sms Sesukanya ke Semua Operator” dan Tulisan”Internet-an Gratis”, serta warna hitam pada teks “telpon sepuasnya. Berdasarkan hasil penelitian pada iklan seluler tri, maka dapat diambil kesimpulan bahwa iklan ini ingin menyampaikan pesan kepada khalayak luas yaitu jika ingin mendapatkankan banyak bonus gratisan dengan biaya yang sangat ringan atau murah, yaitu dengan cara mengaktivkan kartu super tri mu maka semua keuntungan itu akan diperoleh, karna tri jelas lebih menguntungkan di bandingkan dengan kompetitor yang juga sudah banyak beredar dipasaran, karena tri jaringan GSM mu, jaringan GSM baru dengan tarif biaya paling murah.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
      P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
      P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media > P95 Oral communication. Speech
      P Language and Literature > PB Modern European Languages
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 04 Mar 2011 17:05
      Last Modified: 04 Mar 2011 17:05
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/754

      Actions (login required)

      View Item