PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE OPERASI TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Albertus , Mario Hertanto (2010) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE OPERASI TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (121Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (273Kb)

      Abstract

      PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE OPERASI TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) Albertus Mario Hertanto Abstrak Krisis ekonomi global yang melanda perekonomian dunia sekarang ini memberikan dampak dalam dunia perinvestasian. Hal ini pula yang mendorong manajemen perusahaan untuk meningkatkan kinerja. Salah satu parameter yang digunakan untuk mengukur kinerja manajemen adalah laba. Kecenderungan investor yang berpusat pada informasi laba tanpa memperhatikan prosedur yang digunakan untuk menghasilkan informasi laba tersebut disadari oleh manajemen. Sehingga mendorong timbulnya perilaku menyimpang (disfunctional behaviour) yang salah satu bentuknya adalah praktik perataan laba (Income Smoothing). Perataan laba digunakan untuk menciptakan laba yang stabil, mengurangi fluktuasi yang dilaporkan dan meningkatkan kemampuan investor untuk meramalkan arus kas di masa yang akan datang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage operasi terhadap praktik perataan laba pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel penelitian adalah ukuran perusahaan (Xı), profitabilitas (X2), leverage (X3) dan perataan laba (Y) Sampel penelitian ini 10 perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2006-2008 sedangkan Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu teknik penarikan sampel non-probabilitas yang menyeleksi responden-responden berdasarkan ciri-ciri atau sifat khusus yang dimiliki oleh sampel. Teknik analisis dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi logistik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis yang diajukan yang menyatakan bahwa diduga ukuran perusahaan, profitabilitas perusahaan, leverage operasi perusahaan mempunyai pengaruh terhadap tindakan perataan laba pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tidak dapat terbukti kebenarannya..

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001 Finance management. Business Finance. Corporation finance
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 04 Mar 2011 17:07
      Last Modified: 04 Mar 2011 17:07
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/758

      Actions (login required)

      View Item