PENGARUH PENGETAHUAN MEREK INDUK DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP SIKAP BRAND EXTENSION DAN DAMPAKNYA PADA INTENSI MEMBELI PRODUK KECAP SEDAAP DI SURABAYA

Rico , Dimaz Andrianto (2010) PENGARUH PENGETAHUAN MEREK INDUK DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP SIKAP BRAND EXTENSION DAN DAMPAKNYA PADA INTENSI MEMBELI PRODUK KECAP SEDAAP DI SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (135Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (280Kb)
      Official URL: http://upnjatim.ac.id

      Abstract

      Fenomena pada merek Sedaap adalah berhubungan dengan kepuasan pelanggan. Dari tabel tentang data customer satisfaction (ICSA) menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap merek sedaap cukup rendah jika dibandingkan dengan tingkat kepuasan konsumen terhadap merek selain sedaap. Hal ini dapat diketahui dari nilai TSS (Total Satisfaction Score) dari merek Sedaap sebesar 3,470, dimana nilai TSS tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan nilai TSS merek lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan merek induk dan persepsi kualitas terhadap sikap brand extension pada intensi membeli Kecap Sedaap di Surabaya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada responden yaitu konsumen yang sedang melakukan pembelian kecap Sedaap Di Surabaya Selatan. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala interval dengan teknik pengukuran dengan jenjang 1 - 5. Teknik non probability sampling tepatnya accidental sampling yaitu pemilihan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel bila dipandang orang tersebut memiliki ciri-ciri yang cocok sebagai sumber data, mengenai kriterianya adalah responden sebelumnya pernah melakukan pembelian kecap sedaap di Surabaya Selatan. Pengambilan sampel didasari asumsi SEM bahwa besarnya sampel yaitu 5 – 10 kali parameter yang diestimasi. Pada penelitian ini ada 12 indikator, sehingga jumlah sampel yang diestimasi yaitu antara 60-120. Adapun jumlah sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah sebesar 120 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM diagram yang akan mempermudah untuk melihat pengaruh pengetahuan merek induk dan persepsi kualitas terhadap sikap brand extension dan pengaruh sikap brand extension terhadap intensi membeli yang akan diuji. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pengetahuan merek induk tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap brand extension, sedangkan persepsi kualitas berpengaruh positif terhadap sikap brand extension Kecap Sedaap di Surabaya, dan sikap brand extension berpengaruh positif terhadap intensi membeli Kecap Sedaap di Surabaya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001 Finance management. Business Finance. Corporation finance
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 05 Mar 2011 12:09
      Last Modified: 05 Mar 2011 12:09
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/769

      Actions (login required)

      View Item