PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MINUMAN SARI BUAH DALAM KEMASAN FRUTANG DI SURABAYA

Maya , Fauziyah (2010) PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MINUMAN SARI BUAH DALAM KEMASAN FRUTANG DI SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (64Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (397Kb)
      Official URL: http://upnjatim.ac.id

      Abstract

      Era globalisasi telah menuntut adanya perubahan paradigma lama dalam segala bidang, salah satunya adalah bidang pemasaran. Seiiring perkembangan tersebut masyarakat dihadapkan pada berbagai pilihan dalam mengkonsumsi kebutuhannya sehari-hari. Persaingan yang semakin ketat membuat perusahaan minuman sari buah menggunakan berbagai strategi dan berusaha mendapatkan dan mempertahankan konsumen agar tetap menjadi pelanggannya. Masalah yang dihadapi oleh perusahaan Frutang adalah rendahnya minat beli yang dilakukan oleh konsumen minuman sari buah untuk berminat membeli minuman Frutang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh elemen-elemen ekuitas merek terhadap minat beli konsumen. Populasi yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah semua orang yang pernah melihat iklan yang ada di televisi yang bertempat tinggal di Surabaya. Teknik penentuan sampel yang dipergunakan adalah non probability sampling yaitu penentuan sampel tidak secara acak dengan menggunakan teknil purposive sampling dan untuk pengujian data digunakan analisis SEM ( Struktural Equation Modeling ). Dari hasil pengujian yang telah dilakukan sebelumnya, maka dapat ditarik sebuah kesimpulan yang diambil berdasarkan hasil penelitian ini adalah : Hipotesis yang menyatakan ada pengaruh positif antara ekuitas m,erek terhadap minat membeli dapat terbukti kebenarannya. Ekuitas merek merupakan serangkaian asset dan kewajiban (liabilitas) merek yang terkait dengan sebuah merek, nama dan simbol yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan sebuah produk atau jasa kepada perusahaan atau pelangganperusahaan tersebut. Karena merek merupakan janji penjual untuk secara konsisten memberikan keistimewaan, manfaat dan jasa tertentu memberikan jaminan mutu, karena konsumen akan memilih merek yang bisa memberikan kepuasan yang tinggi. Jika konsumen merasa puas akan kualitas suatu produk maka minat membeli konsumen akan menigkat.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001 Finance management. Business Finance. Corporation finance
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 05 Mar 2011 12:09
      Last Modified: 05 Mar 2011 12:09
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/770

      Actions (login required)

      View Item