PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PADA INDUSTRI FARMASI YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA

Maziatin, - (2010) PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PADA INDUSTRI FARMASI YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (175Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (352Kb)

      Abstract

      PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PADA INDUSTRI FARMASI YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA Maziatin Abstrak Pada perkembangan dunia usaha ini perusahaan yang unggul dan kompetitif yang akan mampu bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Seperti yang kita ketahui bahwa untuk dapat memenangkan persaingan setiap perusahaan harus memiliki kinerja keuangan yang baik. Untuk menilai kinerja keuangan suatu perusahaan diperlukan suatu analisis laporan keuangan yaitu rasio keuangan yang dihitung dari laporan keuangan. Tujuan peneliti ini yaitu untuk mengetahui apakah rasio keuangan (rasio lancar, rasio hutang atas modal, rasio perputaran total aktiva, rasio perputaran persediaan, return on investment) berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Dapat dilihat kinerja keuangan pada suatu perusahaan sangatlah penting, maka penulis tertarik menyusun skripsi dengan judul “ pengaruh rasio keuangan terhadap kinerja keuangan perusahaan pada industri farmasi yang go publik di bursa efek indonesia”. Obyek penelitian ini adalah perusahaan farmasi yang terdaftar di BEI, dengan populasi laporan keuangan dari 9 perusahaan farmasi yang terdaftar di BEI mulai tahun 2005-2008, dan yang diambil sebagai sampel adalah 8 perusahaan farmasi mulai periode 2005-2008. Untuk teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian diperoleh bahwa terdapat kecocokan model pengaruh yang signifikan antara rasio keuangan terhadap kinerja keuangan, sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa rasio keuangan yang meliputi rasio lancar, rasio hutang atas modal, rasio perputaran total aktiva, rasio perputaran persediaan, return on investment berpengaruh terhadap kinerja keuangan telah teruji kebenaranya. Sedangkan secara parsial return on investment yang berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001 Finance management. Business Finance. Corporation finance
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 05 Mar 2011 11:59
      Last Modified: 05 Mar 2011 12:00
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/788

      Actions (login required)

      View Item