PEMAKNAAN LIRIK LAGU “KEONG RACUN” (Studi Semiotik Tentang Pemaknaan Lirik Lagu “Keong Racun” Yang Diciptakan Buy Akur).

HARI , BUDHI TRISNANTO (2010) PEMAKNAAN LIRIK LAGU “KEONG RACUN” (Studi Semiotik Tentang Pemaknaan Lirik Lagu “Keong Racun” Yang Diciptakan Buy Akur). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (110Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (191Kb)

      Abstract

      Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui makna lirik lagu “Keong Racun” yang diciptakan oleh Buy Akur. Metode ananlisis data dalam penelitian ini menggunakan pemaknaan terhadap lirik lagu ini menggunakan metode semiotik Saussure yaitu, dengan menghubungkan antara signifier dan signified atau penandaan dan petanda dengan melihat dari kata-kata dan rangkaian kata yang membentuk kalimat dalam lirik lagu tersebut sehingga dapat diperoleh interpretasi data yang benar-benar berkualitas. Dan landasan teori yang digunakan dalam ini adalah Musik, Lirik Lagu “Keong Racun” yang diciptakan Buy Akur, Semiotik dalam Ilmu Komunikasi, Teori tanda Ferdinand De Saussure, Signifier dan Signified, Model Semiotik Saussure. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa makna lirik lagu “Keong Racun” yang diciptaan Buy Akur itu sendiri adalah manusia tidak akan pernah puas dengan apa yang dimilikinya (laki-laki), laki-laki dalam hal ini dimaknai sebagai orang yang suka berganti-ganti pasangan dan melecehkan perempuan yang dimana perempuan sebagai perempuan yang teraniyaya karena kekerasan psikis yang disebabakan oleh perilaku laki-laki. mengakibatkan berbagai macam tindakan ketidakadilan gender seperti adanya pelabelan atau stereotip. Dalam hal ini Kesadaran akan penghapuasan ketidakadilan dan kekerasan terahadap perempuan memebutuhkan peran serta berbagai pihak. Seperti perlunya menggalakkan aksi penolakan secara tegas dan terang-terangan terhadap segala aksi kekerasan terhadap perempuan dengan membuat undang-undang yang mengatur tentang hak-hak perempuan, dan menjatuhkan sanksi dengan tegas kepada pihak-pihak yang melanggarnya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and symbols
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 05 Mar 2011 12:51
      Last Modified: 05 Mar 2011 12:51
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/798

      Actions (login required)

      View Item