Akuntabilitas Pelaporan dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk

Arif , Wicaksono Anugrah Putra (2010) Akuntabilitas Pelaporan dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (145Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (951Kb)

      Abstract

      Akuntabilitas Pelaporan dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Oleh: Arif Wicaksono Anugrah Putra Abstrak Pelaksanaan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) pada saat ini bukan lagi merupakan kegiatan yang bersifat mandatory, melainkan kegiatan tersebut telah berubah menjadi salah satu bagian dari strategi bisnis perusahaan sebagai bentuk perwujudan konsep keberlanjutan perusahaan. Sehingga dengan demikian PT. TELKOM tidak dapat mengelak untuk melakukan proses reporting aktifitas CSR tersebut dikarenakan penyediaan laporan yang transparan dan akuntabel telah menjadi sebuah kebutuhan bagi segala pemangku kepentingan perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana motode tersebut dianggap sesuai dengan tujuan penelitian yang hendak menggambarkan dan menguraikan mengenai akuntabilitas dalam pelaksanaan pelaporan dan pengungkapan CSR pada suatu perusahaan. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari informan seta dokumen-dokumen yang mendukung. Tahap penelitian dibagi menjadi 4 tahap yang bersifat cyclical. Penyajian pelaporan perusahaan merupakan wujud pelaksanaan konsep GCG dikarenakan dalam konsep tersebut mengharuskan adanya untuk bisa menyediakan informasi kepada segala pemangku kepentingan perusahaan yang transparan dan akuntabel. Peyajian pengungkapan perusahaan belum bisa mewakili kondisi yang transparan dan akuntabel, dikarenakan perusahaan belum bisa menyediakan informasi yang up to date mengenai kegiatan CSR, dimana hal itu telah menjadi sebuah kebutuhan bagi segala pemangku kepentingan perusahaan guna mampu mempu menciptakan corporate image yang baik sebagaimana hal tersebut merupakan kebutuhan yang penting bagi perusahaan dalam mewujudkan konsep keberlanjutan perusahaan.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2951 Cooperation. Cooperative Societies
      H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 05 Mar 2011 13:05
      Last Modified: 05 Mar 2011 13:05
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/801

      Actions (login required)

      View Item