OPINI MASYARAKAT SURABAYA DALAM MENONTON PROGRAM ACARA REALITY SHOW “UYA KUYA” DI SCTV.

BRAHMA, PUTRA M. (2010) OPINI MASYARAKAT SURABAYA DALAM MENONTON PROGRAM ACARA REALITY SHOW “UYA KUYA” DI SCTV. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (176Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (285Kb)

      Abstract

      Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana opini masyarakat Surabaya terhadap reality show “Uya emang Kuya” di SCTV. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori S-O-R (Stimulus-Organism-Respon) yang merupakan reaksi khusus terhadap stimulus khusus, sehingga seseorang dapat mengharapkan dan memperkirakan kesesuaian antara pesan dan reaksi komunikan. Penerapan teori pada penelitian ini adalah Stimulus (program acara Reality Show “Uya emang Kuya” di SCTV ) – Organism (masyarakat berusia 18-30 tahun yang pernah menonton acara reality show ”Uya emang Kuya” di SCTV dan bertempat tinggal di Surabaya) – Respon ( opini positif, opini netral atau opini negatif) Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan tabel frekuensi data dari hasil kuesioner kemudian diolah yang terdiri dari: mengedit, mengkode, dan memasukkan data tersebut dalam tabulasi data untuk selanjutnya dianalisis secara deskriptif setiap pertanyaan yang diajukan. Populasi yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah masyarakat berusia 18-30 tahun yang pernah menonton acara reality show ”Uya emang Kuya” di SCTV dan bertempat tinggal di Surabaya . Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tehnik non probability yaitu tehnik quota sampling. pengambilan sampel yang tidak menggunakan teori probabilitas, artinya bahwa tidak semua unit populasi memiliki kesempatan untuk dijadikan sampel penelitian, sedangkan quota sampling adalah tehnik pengambilan sampel dengan cara memilih sampel yang mempunyai ciri-ciri tertentu dalam jumlah atau kuota yang di inginkan. Adapun kelompok yang dipilih dalam penelitian ini selain berdasarkan karakteristik-karakteristik diatas, ditentukan pula berdasarkan tempat tinggal responden atau pembagian wilayah di kota Surabaya. Dengan asumsi lingkungan sekitar atau tempat tinggal individu cukup besar pengaruhnya terhadap pandangan hidup seseorang (frame of refference). Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa responden memiliki opini yang mengarah ke netral ( ragu-ragu ) mengenai program Reality Show “Uya emang Kuya” di SCTV karena masyarakat menganggap biasa jenis hiburan seperti itu dijaman sekarang ini. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa sebagian besar masyarakat karena menganggap acara reality show “Uya emang Kuya” di SCTV mempunyai sisi baik dan buruk sehingga merasa biasa saja terhadap konsep hiburan yang disajikan. Meskipun hal itu berlawanan dengan kebudayaan dan norma di Indonesia, mereka tidak mempermasalahkannya. Maka penulis menyarankan agar masyarakat yang berperan sebagai pemirsa tayangan yang diberikan oleh media sebaiknya dapat berfikir kritis dalam menyeleksi jenis hiburan yang ada pada saat ini

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 05 Mar 2011 13:11
      Last Modified: 05 Mar 2011 13:11
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/803

      Actions (login required)

      View Item