MOTIF PEMIRSA DALAM MENONTON PROGRAM ACARA “J-TRAX” DI JTV (Studi Deskriptif Tentang Motif Remaja Surabaya Dalam Menonton Program Acara “J-Trax” Di JTV)

INTAN , MEIDIZA. (2010) MOTIF PEMIRSA DALAM MENONTON PROGRAM ACARA “J-TRAX” DI JTV (Studi Deskriptif Tentang Motif Remaja Surabaya Dalam Menonton Program Acara “J-Trax” Di JTV). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (127Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (206Kb)

      Abstract

      Komunikasi adalah fenomena yang inhern dalam kehidupan masyarakat. Kehadiran media massa adalah salah satu gejala yang menandai kehidupan masyarakat modern. Seiring dengan peraturan pemerintah tentang pelaksanaan Otonomi Daerah (Otoda) mulai tanggal 1 Januari 2001, memungkinkan suatu propinsi untuk menumbuhkembangkan potensi daerahnya dengan seoptimal mungkin. Perkembangan itu tidak terlepas dari peran serta dari penyedia jasa layanan informasi. Karena itu lahirlah P.T Jawa Pos Media Televisi Yang kemudian dinamakan JTV. Menjamurnya program-program hiburan di televisi nasional juga disambut positif oleh JTV sebagai televisi lokal dengan menghadirkan J-Trax sebagai program hiburan musik yang ditujukan untuk pemirsa remajanya yang ada di Jawa Timur. Berdasarkan gambaran diatas, penulis tertarik untuk mengetahui motif apa yang mendorong remaja Surabaya dalam menonton program J-Trax di JTV. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah televisi sebagai media komunikasi massa, awal mula dan perkembangan televisi lokal, Acara hiburan di televisi, Program J-Trax, remaja sebagai khalayak media, Teori kebutuhan terhadap media massa, motif, serta pendekatan Uses and Gratifications yaitu khalayak dianggap aktif menggunakan media untuk memenuhi kebutuhannya. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis deskriptif yaitu difokuskan untuk mendeskripsikan motif pemisa dalam menonton program J-Trax di JTV. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja Surabaya yang berusia 15 hingga 25 tahun, dan pernah menonton program J-Trax sebanyak 100 remaja. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner untuk memperoleh data primer, serta penelusuran bahanbahan pustaka untuk memperoleh data sekunder. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara dekriptif dengan menggunakan tabel frekuensi dan selanjutnya diinterpretasikan secara terperinci oleh penulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif remaja dalam menonton program J-Trax adalah motif informasi dan motif hiburan, yaitu ingin mendapatkan hiburan saat dan setelah menonton J-Trax sekaligus ingin mendapatkan segala informasi mengenai perkembangan band-band lokal dan nasional. Motif identitas personal berada dalam kategori sedang. Sedang Motif secara keseluruhan responden menunjukkan motif yang tinggi. Kesimpulan pada penelitian ini menyebutkan bahwa menonton program JTrax di JTV didominasi motif informasi dan hiburan. Saran yang diberikan bagi penonton program J-Trax agar dapat mengambil semua hikmah dan segi positif dari program J-Trax maupun program-program hiburan yang lain. Sehingga manfaat menonton suatu tayangan akan semakin terasa.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 05 Mar 2011 13:21
      Last Modified: 05 Mar 2011 13:21
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/807

      Actions (login required)

      View Item