PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI CV. RAJAWALI PLATING MASINDO DI SIDOARJO

Zuhria, Aminatus (2010) PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI CV. RAJAWALI PLATING MASINDO DI SIDOARJO. Undergraduate thesis, Faculty of Economics.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (106Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (811Kb)

      Abstract

      PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI CV. RAJAWALI PLATING MASINDO DI SIDOARJO Oleh : Aminatus Zuhria ABSTRAKSI Dewasa ini perkembangan ekonomi di Indonesia pada umumnya berkembang dengan pesat. Dalam rangka memenangkan persaingan ini para pemilik perusahaan berlomba-lomba untuk menerapkan strategi pemasaran yang paling jitu. Salah satu alternatif pendekatan yang saat ini mulai banyak digunakan oleh perusahaan adalah relationship marketing (RM), relationship marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang bertujuan meningkatkan kepuasan pelanggan. CV. Rajawali Plating Masindo sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa yaitu jasa electroplating verzinc atau jasa pelapisan zinc. CV. Rajawali Plating Masindo Sidoarjo dalam kurun waktu 3 tahun terakhir mengalami penurunan pesanan (order) dari tahun 2007-2009. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh relationship marketing terhadap kepuasan pelanggan CV. Rajawali Plating Masindo Sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan CV. Rajawali Plating Masindo Sidoarjo. Skala pengukuran menggunakan skala interval dan skala pembentukan menggunakan skala semantic differential. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan metode Purposive Sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 105 pelanggan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada pelanggan CV. Rajawali Plating Masindo Sidoarjo. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modeling) untuk melihat hubungan kausalitas antar faktor. Hasil pengujian memperlihatkan bahwa relationship marketing berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan pelanggan. xi Keyword : Relationship Marketing, Kepuasan Pelanggan.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 11 Feb 2011 10:43
      Last Modified: 11 Feb 2011 10:43
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/81

      Actions (login required)

      View Item