REPRESENTASI NASIONALISME DALAM LIRIK LAGU (Studi Semiologi Nasionalisme dalam Lirik Lagu Indonesiaku Oleh Kelompok Musik Ungu)

ARI , RUBIANTI (2010) REPRESENTASI NASIONALISME DALAM LIRIK LAGU (Studi Semiologi Nasionalisme dalam Lirik Lagu Indonesiaku Oleh Kelompok Musik Ungu). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (124Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (222Kb)

      Abstract

      Penelitian ini didasarkan pada kurangnya rasa Nasionalisme di masyarakat Indonesia khususnya pada generasi muda Indonesia. Lagu Indonesiaku merupakan salah satu dari sedikit lagu yang mengangkat tema Nasionalisme. Lagu atau musik merupakan salah satu media komunikasi yang efektif dalam menyampaikan pesan kepada generasi muda. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan representasi Nasionalisme dalam lagu tersebut. Nasionalisme merupakan suatu paham yang memberikan ilham kepada sebagian terbesar penduduk dan yang mewajibkan dirinya untuk mengilhami segenap anggota-anggotanya. Nasionalisme adalah faham yang menunjukkan bahwa kesetiaan dari setiap individu atau warga negara ditujukan kepada bangsanya. Studi penelitian ini diarahkan pada pendekatan semiotika Roland Barthes. Konsep yang digunakan adalah peta tanda Roland Barthes dan lima kode pembacaan, yaitu kode hermeneutik, kode proaretik, kode semik, kode kultural, dan kode budaya yang akan digunakan untuk memaknai setiap lirik dalam lagu tersebut. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif interpretative dengan menggunakan pendekatan semiotik berdasarkan konsep signifikasi dua tahap Roland Barthes. Unit analisis yang digunakan adalah tanda-tanda yang berupa kata-kata yang terdapat dalam lirik “Indonesiaku”. Gambaran umum objek penelitian dijabarkan tentang latar belakang pencipta lagu dalam menciptakan lagu tersebut. Dari data yang sudah diinterpretasi dan dianalisis, maka disimpulkan bahwa karena pencipta lagu melihat generasi muda sudah mulai kehilangan rasa Nasionalisme, maka pencipta lagu menciptaka lagu tersebut untuk mengajak para generasi muda untuk meningkatkan rasa nasionalismenya dengan bangga akan karya-karya bangsa Indonesia. Saran yang disampaikan penulis adalah agar kita sebagai warganegara Indonesia lebih bisa menjaga warisan nenek moyang kita, yaitu budaya-budaya yang ada di Indonesia, serta terus menjaga dan memelihara rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and symbols
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 05 Mar 2011 13:25
      Last Modified: 05 Mar 2011 13:25
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/810

      Actions (login required)

      View Item