ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STOCK SPLIT DAN PENGARUHNYA TERHADAP LABA PADA PERUSAHAAN GO PUBLIK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Nurul , Fatimatul Koiroh (2009) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STOCK SPLIT DAN PENGARUHNYA TERHADAP LABA PADA PERUSAHAAN GO PUBLIK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (45Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (299Kb)

      Abstract

      ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STOCK SPLIT DAN PENGARUHNYA TERHADAP LABA PADA PERUSAHAAN GO PUBLIK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Nurul Fatimatul Koiroh ABSTRAK Stock split merupakan suatu fenomena ekonomi keuangan perusahaan yang membingungkan. Stock split merupakan suatu kosmetika saham dimana tindakan perusahaan merupakan suatu upaya pemolesan saham agar kelihatan lebih menarik di mata investor. Mengapa beberapa perusahaan tetap melakukan stock split jika tidak mempengaruhi aliran kas perusahaan di masa yang akan datang dan tidak mengubah kesejahteraan pemegang saham? Benarkah ada perbedaan earning perusahaan sebelum dan sesudah stock split? Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik apakah harga saham dan ukuran perusahaan dapat mempengaruhi perusahaan dalam melakukan stock split, serta menguji apakah ada perbedaan laba operasional perusahaan antara sebelum dan sesudah melakukan stock split. Sampel penelitian adalah perusahaan go publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2004-2007 yang berjumlah 74 perusahaan, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data yang diolah merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan sampel selama periode 2003-2008. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik dan paired sample t-tes. Regresi logistik digunakan untuk menguji pengaruh harga saham dan ukuran perusahaan terhadap keputusan melakukan stock split, sedangkan paired sample t-tes digunakan untuk mengetahui adanya perbedaan laba operasional perusahaan sebelum dan sesudah melakukan stock split. Berdasarkan hasil analisis regresi logistik disimpulkan bahwa harga saham mempunyai pengaruh positif dan signifikan dengan keputusan perusahaan melakukan stock split, sedangkan ukuran perusahaan mempunyai pengaruh positif akan tetapi tidak signifikan terhadap keputusan perusahaan melakukan stock split. Berdasarkan hasil paired sample t-tes disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara laba operasional perusahaan sebelum dan sesudah melakukan stock split.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HG Finance
      H Social Sciences > HG Finance > HG4501 Stocks. Investments. Speculation
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 05 Mar 2011 13:31
      Last Modified: 05 Mar 2011 13:32
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/813

      Actions (login required)

      View Item