PENGARUH INFLASI, RASIO LEVERAGE DAN RASIO PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGES YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA

Annisa , Nailufary (2010) PENGARUH INFLASI, RASIO LEVERAGE DAN RASIO PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGES YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (127Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (413Kb)

      Abstract

      PENGARUH INFLASI, RASIO LEVERAGE DAN RASIO PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGES YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA Oleh : Annisa Nailufary Abstrak Masalah pembelanjaan menyangkut keseimbangan finansial perusahaan. Dengan demikian, pembelanjaan berarti mengadakan keseimbangan antara aktiva dengan pasiva yang dibutuhkan, beserta mencari susunan aktiva dan pasiva tersebut dengan sebaik-baiknya. Pemilihan susunan aktiva yang digunakan perusahaan akan menentukan struktur kekayaan perusahaan. Sedangkan pemilihan struktur kuantitatif dari pasiva akan menentukan stuktur finansial dan struktur modal. Struktur modal merupakan bagian dari struktur finansiil. Struktur finansiil mencerminkan cara bagaimana aktiva-aktiva perusahaan dibiayai, dengan demikian struktur finansiil tercermin pada keseluruhan pasiva dalam neraca sedangkan struktur modal hanya tercermin pada utang jangka panjang dan unsur-unsur modal sendiri. Setiap perusahaan harus memiliki struktur modal yang baik sehubungan dengan penyajian laporan keuangan kepada pihak ekstern perusahaan (investor dan kreditor). Variabel dalam penelitian ini adalah Inflasi (X1), Rasio Leverage (X2), Rasio Profitabilitas (X3) dan Struktur Modal (Y). Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : bahwa inflasi, rasio leverage dan rasio profitabilitas berpengaruh terhadap struktur modal perusahaan Food and Beverages yang go public di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian ini adalah 8 perusahaan Food and Beverages yang go public di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2006-2009. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan Uji Kecocokan Model (F) dan Uji t untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil Uji F menunjukkan bahwa model yang digunakan untuk mengetahui pengaruh Inflasi, Rasio Leverage dan Rasio Profitabilitas terhadap Struktur Modal adalah signifikan, sehingga hipotesis yang diajukan teruji kebenarannya. Berdasarkan hasil analisis Uji t dapat disimpulkan bahwa rasio leverage berpengaruh secara signifikan positif terhadap struktur modal dan rasio profitabilitas berpengaruh secara signifikan negatif terhadap struktur modal. Sedangkan inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal pada perusahaan Food and Beverage yang go public di Bursa Efek Indonesia.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      H Social Sciences > HG Finance > HG4501 Stocks. Investments. Speculation
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 05 Mar 2011 14:11
      Last Modified: 05 Mar 2011 14:11
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/828

      Actions (login required)

      View Item