ANALISIS PENGUMUMAN AKUISISI TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN AKUISITOR DAN NON AKUISITOR YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA

Fridha , Kurnia Ekawati (2010) ANALISIS PENGUMUMAN AKUISISI TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN AKUISITOR DAN NON AKUISITOR YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (99Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (241Kb)
      Official URL: http://upnjatim.ac.id

      Abstract

      Adanya perubahan dalam dunia bisnis, seperti era globalisasi, deregulasi, dan kemajuan IPTEK telah menciptakan persaingan usaha yang semakin pesat diantara perusahaan-perusahaan untuk dapat mengembangkan strategi demi mempertahankan keberadaan atau menjadikan perusahaan berkembang lebih pesat. Salah satu cara yang dapat ditempuh perusahaan adalah dengan melakukan akuisisi sebagai strategi yang dipilih perusahaan untuk merealisasikan sinergi yang menjanjikan. Tujuan dilakukannya akuisisi yaitu dapat meningkatkan nilai perusahaan atau memaksimumkan kemakmuran pemilik perusahaan atau pemegang saham. Pengumuman akuisisi merupakan informasi yang sangat penting dalam suatu industri, karena dua perusahaan akan menyatukan kekuatannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya perbedaan Return Saham perusahaan Akuisitor dan Non Akuisitor setelah pengumuman akuisisi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dari perusahaan yang go publik di BEI yang melakukan akuisisi selama tahun 2004-2009 meliputi 7 perusahaan Akuisitor dan 6 perusahaan Non Akuisitor, data tersebut terdiri dari harga saham harian perusahaan selama 5 hari sebelum dan 5 hari sesudah pengumuman akuisisi. Analisa statistik yang digunakan adalah uji beda dua sampel berpasangan (paired sample t test). Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa tidk terdapat perbedaan yang signifikan Return Saham perusahaan Akuisitor dan Non Akuisitor selama periode pengamatan 5 hari sebelum dan 5 hari sesudah pengumuman akuisisi, sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada Return Saham perusahaan Akuisitor dan Non Akuisitor setelah pengumuman akuisisi tidak terbukti kebenarannya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501 Stocks. Investments. Speculation
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 05 Mar 2011 14:21
      Last Modified: 05 Mar 2011 14:21
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/831

      Actions (login required)

      View Item