PENGARUH LABA DAN ARUS KAS DALAM MEMPREDIKSI LABA DAN ARUS KAS DI MASA MENDATANG PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF DI BURSA EFEK INDONESIA

Lutfi , Agus Ramadhan (2008) PENGARUH LABA DAN ARUS KAS DALAM MEMPREDIKSI LABA DAN ARUS KAS DI MASA MENDATANG PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (145Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (1561Kb)

      Abstract

      PENGARUH LABA DAN ARUS KAS DALAM MEMPREDIKSI LABA DAN ARUS KAS DI MASA MENDATANG PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF DI BURSA EFEK INDONESIA Lutfi Agus Ramadhan Abstraksi Suatu organisasi bisnis didirikan dengan tujuan mencari laba yang maksimum (profit oriented) dengan pengorbanan yang minimum, pada prakteknya lingkungan pasar telah terkondisi pada situasi dimana suatu bentuk kompetisi yang tercipta menuntut persaingan antar perusahaan sehingga hal ini memaksa manajemen perusahaan untuk bekerja lebih efektif dan efisien. Kemampuan perusahaan untuk dapat bersaing ditentukan oleh kondisi dan kinerja perusahaan itu sendiri baik jangka panjang maupun jangka pendek, Kinerja perusahaan salah satunya dapat dilihat dari laporan keuangannya. Laporan keuangan merupakan salah satu informasi penting yang digunakan sebagai pengambilan keputusan, sayangnya laporan keuangan ini menyajikan informasi tentang apa yang telah terjadi sehingga timbul kesenjangan kebutuhan informasi dan analisa laporan keuangan digunakan untuk mengatasi kesejangan tersebut. Laporan keuangan laba rugi dan arus kas pada beberapa perusahaan mengalami ketidakstabilan, bahkan ada yang mengalami kerugian hal ini berarti bahwa investor harus berhati-hati dalam menginvestasikan modal sehingga dapat mengurangi resiko yang timbul dari penanaman modal. Sehubungan dengan permasalahan tersebut di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah laba dan arus kas memiliki pengaruh dalam memprediksi laba di masa mendatang, dan apakah laba dan arus kas memiliki pengaruh dalam memprediksi arus kas di masa mendatang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa Laporan Keuangan (Laporan Laba Rugi dan Arus Kas) periode 2002-2006 dari Perusahaan Otomotif di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang diambil sebanyak 14 perusahaan dari 18 perusahaan otomotif. Data laporan keuangan laba rugi dan arus kas yang digunakan adalah berjumlah 70 laporan keuangan. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh laba dan arus kas dalam memprediksi laba di masa mendatang dan pengaruh laba dan arus kas dalam memprediksi arus kas di masa mendatang digunakan uji regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan berdasarkan uji hipotesis I didapatkan nilai Fhitung sebesar 3,599 dan dengan taraf signifikan < 0,05. Hal ini berarti bahwa hipotesis I yang menyatakan bahwa laba dan arus kas memiliki pengaruh dalam memprediksi laba di masa mendatang terbukti kebenarannya. Berdasarkan uji hipotesis II didapatkan nilai Fhitung sebesar 7,835 dan dengan taraf signifikan < 0,05. Hal ini berarti bahwa hipotesis II yang menyatakan bahwa laba dan arus kas memiliki pengaruh dalam memprediksi arus kas di masa mendatang terbukti kebenarannya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001 Finance management. Business Finance. Corporation finance
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 05 Mar 2011 14:39
      Last Modified: 05 Mar 2011 14:39
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/833

      Actions (login required)

      View Item