PENGARUH TINGKAT PEMAHAMAN SELF ASSESSMENT SYSTEM TERHADAP KECENDERUNGAN PENGHINDARAN PAJAK PENGHASILAN PERORANGAN (Studi Kasus Pada Restoran Di Sidoarjo Barat)

ANGGA , WIDYA PRATAMA (2010) PENGARUH TINGKAT PEMAHAMAN SELF ASSESSMENT SYSTEM TERHADAP KECENDERUNGAN PENGHINDARAN PAJAK PENGHASILAN PERORANGAN (Studi Kasus Pada Restoran Di Sidoarjo Barat). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (132Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (392Kb)

      Abstract

      PENGARUH TINGKAT PEMAHAMAN SELF ASSESSMENT SYSTEM TERHADAP KECENDERUNGAN PENGHINDARAN PAJAK PENGHASILAN PERORANGAN (Studi Kasus Pada Restoran Di Sidoarjo Barat) Oleh : ANGGA WIDYA PRATAMA Abstrak Pada dasarnya tidak ada masyarakat yang rela untuk membayar pajak. Untuk itu dibutuhkan pemahaman yang cukup baik tentang pajak, sehingga masyarakat akan rela untuk membayar pajak (Sunarto, 2007: 2). Penerimaan Pajak Restoran yang selalu dibawah pokok ketetapan, menunjukan bahwa pajak merupakan “momok” bagi masyarakat meskipun telah dilakukan reformasi perpajakan dengan sistem baru. Hal ini kemungkinan disebabkan karena dengan membayar pajak maka biaya yang akan dikeluarkan oleh wajib pajak akan semakin besar, selain itu juga bisa disebabkan karena kesadaran wajib pajak, kejujuran wajib pajak, hasrat untuk membayar pajak dan kedisiplinan wajib pajak sangat rendah. Hal tersebut dapat mengakibatkan pemerintahan Kabupaten Sidoarjo khususnya kantor pelayanan pajak daerah mempunyai tugas yang berat untuk meningkatkan penerimaan pajak daerah guna pembiayaan kegiatannya. Sampel yang digunakan dalam penelitan ini 28 pengusaha perorangan yang memiliki NPWD di Sidoarjo Barat dan begerak di bidang restoran. Sedangkan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari jawaban kuisioner yang disebar pada 28 pengusaha perorangan yang memiliki NPWD di Sidoarjo Barat dan begerak di bidang restoran dan kuesioner tersebut terdiri dari 21 pernyataan yang dibagi menjadi 5 bagian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan alat bantu komputer, yang menggunakan program SPSS. 16.0 For Windows Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 yang menyatakan bahwa kesadaran wajib pajak berpengaruh negatif terhadap kecenderungan penghindaran pajak, tidak teruji kebenarannya, untuk hipotesis 2 yang menyatakan bahwa kejujuran wajib pajak berpengaruh negatif terhadap kecenderungan penghindaran pajak, teruji kebenarannya, untuk hipotesis 3 yang menyatakan bahwa hasrat untuk membayar pajak berpengaruh negatif terhadap kecenderungan penghindaran pajak, tidak teruji kebenarannya dan hipotesis 4 yang menyatakan bahwa kedisiplinan wajib pajak berpengaruh negatif terhadap kecenderungan penghindaran pajak, teruji kebenarannya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ2240 Revenue. Taxation. Internal revenue
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Adi Prasetyawan
      Date Deposited: 05 Mar 2011 14:52
      Last Modified: 05 Mar 2011 14:52
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/836

      Actions (login required)

      View Item