ANALISIS PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE, OPERATING LEVERAGE, DAN ASSET GROWTH TERHADAP BETA SAHAM PADA PERUSAHAAN LQ-45 DI BURSA EFEK INDONESIA

Sonny Arif , Firmada Sarjono (2010) ANALISIS PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE, OPERATING LEVERAGE, DAN ASSET GROWTH TERHADAP BETA SAHAM PADA PERUSAHAAN LQ-45 DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (92Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (545Kb)
      Official URL: http://upnjatim.ac.id

      Abstract

      Pasar modal menjadi alternatif bagi perusahaan untuk memperoleh sumber pendanaan namun bagi investor, pasar modal merupakan sarana untuk menanamkan modalnya pada surat berharga untuk mendapatkan keuntungan berupa deviden dan capital gain, akan tetapi dalam dunia bisnis hampir semua investasi mengandung resiko. Dalam kaitannya dengan penanaman modal pada surat berharga, investor dihadapkan pada resiko sehubungan dengan tingkat bunga yang diharapkan. Untuk melakukan investasi harus diperhatikan dua unsur yang melekat pada setiap modal atau dana yang diinvestasikan, yaitu hasil (return) dan resiko (risk). Dua unsur ini selalu mempunyai hubungan timbal balik yang sebanding. Umumnya semakin tinggi hasil, semakin besar resiko yang diperoleh dan semakin kecil hasil, semakin kecil pula resiko yang diperoleh. Salah satu bidang investasi yang cukup menarik namun tergolong beresiko tinggi adalah investasi dalam saham. Atas dasar fenomena tersebut maka penelitian ini bermaksud untuk meneliti mengenai analisis pengaruh financial leverage, operating leverage dan asset growth terhadap beta saham pada perusahaan LQ-45 di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan LQ-45 yang go public di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yaitu bahwa pengambilan sampel dilakukan atas dasar tujuan tertentu, maka jumlah sampel perusahaan LQ-45 yang memenuhi kriteria sebanyak 16 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari data laporan keuangan periode 2005-2008 yang diambil dari Bursa Efek Indonesia. Sedangkan untuk pengujian data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan asumsi klasik menggunakan program SPSS. Hasil penelitian melalui analisis uji regresi linear berganda diperoleh kesimpulan bahwa variabel Financial Leverage tidak signifikan (negative), Operating Leverage tidak signifikan (positif), sedangkan Asset Growth tidak signifikan (negative) terhadap Beta Saham.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501 Stocks. Investments. Speculation
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 05 Mar 2011 14:57
      Last Modified: 05 Mar 2011 14:57
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/837

      Actions (login required)

      View Item