TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA SURABAYA TERHADAP ACARA “DAHSYAT” DI RCTI (Studi Deskriptif Tentang Kepuasan Mahasiswa Surabaya Terhadap Acara “Dahsyat” Di RCTI)

FITA , FADLYA (2010) TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA SURABAYA TERHADAP ACARA “DAHSYAT” DI RCTI (Studi Deskriptif Tentang Kepuasan Mahasiswa Surabaya Terhadap Acara “Dahsyat” Di RCTI). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (133Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (328Kb)

      Abstract

      Media massa merupakan suatu sarana untuk mendapatkan informasi dan hiburan yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Penulis melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat kesenjangan yang nyata antara gratification sought (kepuasan yang diinginkan) dan gratification obtained (kepuasan yang diperoleh) dari motif-motif mahasiswa Surabaya terhadap acara “Dahsyat” di RCTI Motif adalah penggerak atau dorongan dari dalam diri manusia yang menyebabkan berbuat sesuatu. Motif timbul karena adanya kebutuhan dengan kata lain motif merupakan ciri dari kebutuhan. Motif terhadap media massa yang dikemukakan oleh Kriyantono (2007:211) dalam penelitian ini meliputi 4 macam motif yaitu motif informasi, identitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial, serta hiburan. Adapun data diolah berdasarkan data primer hasil penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada 100 orang responden yang merupakan mahasiswa di beberapa perguruan tinggi di Surabaya dan sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling. Dari hasil analisis, dapat diketahui bahwa rata-rata gratification obtained masing-masing indikator motif informasi, identitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial, serta hiburan lebih besar daripada rata-rata gratification sought. Sehingga dapat disimpulkan bahwa reponden puas setelah menonton acara Dahsyat di RCTI. Dari hasil pembahasan juga didapat diketahui bahwa kepuasan mahasiswa dalam menonton acara Dahsyat di RCTI berdasarkan keempat motif tersebut mempunyai angka yang cukup signifikan, kecuali pada motif integrasi dan interaksi sosial yang tidak seignifikan. RCTI sebagai stasiun televisi yang menayangkan acara Dahsyat sebaiknya terus menayangkan acara tersebut, karena kehadirannya sangat ditunggu-tunggu oleh mahasiswa di beberapa perguruan tinggi di Surabaya dan untuk mendukung hasil penelitian ini disarankan kepada peneliti-peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian serupa dengan batasan-batasan tertentu yang lebih bervariatif agar memperoleh kesimpulan yang lebih baik daripada penelitian ini

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Anantha P
      Date Deposited: 05 Mar 2011 21:46
      Last Modified: 05 Mar 2011 21:46
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/840

      Actions (login required)

      View Item