Opini masyarakat tentang pemberitaan demo 100 hari pemerintahan SBY - Boediono di Surat Kabar Jawa Pos Edisi 27-29 januari 2010

Aspassia , Resphati (2010) Opini masyarakat tentang pemberitaan demo 100 hari pemerintahan SBY - Boediono di Surat Kabar Jawa Pos Edisi 27-29 januari 2010. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (95Kb) | Preview

    Abstract

    Pemberitaan tentang demo 100 hari kerja presiden SBY – Boediono beserta Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II yang menunjukkan tentang demo di berbagai daerah di Indonesia yang berisi tentang kritikan terhadap kinerja pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama Boediono beserta menteri-menteri yang berada di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, banyak yang menganggap bahwa pemerintahan presiden SBY dan Boediono dinilai gagal dalam mengatasi permasalahan yang sedang melanda di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui opini masyarakat Surabaya tentang pemberitaan demo 100 hari pemerintahan SBY- Boediono di Harian Jawa Pos edisi 27 Januari 2010 – 29 Januari 2010. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Media Komunikasi Massa, Surat Kabar, Surat Kabar Sebagai Media Komunikasi Massa, Surat kabar sebagai Kontrol sosial, Kritik Sosial, Opini, Berita, 100 Hari Pemerintahan SBY – Boediono, Pro dan Kontra 100 Hari Pemerintahan SBY – Boediono, dan Teori Stimulus – Organism – Respons. Metode analisis menggunakan tabel frekuensi, dan data diperoleh dari hasil kuesioner. Purposive sampling merupakan teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian. Dari analisis dan interpretasi data yang telah diuraikan maka dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan opini para responden dalam penelitian ini yaitu masyarakat di wilayah Surabaya berada pada kategori opini positif. Hal ini disebabkan bahwa dengan melihat pemberitaan demo 100 hari pemerintahan SBY-Boediono di Harian Jawa Pos responden jadi tahu tentang permasalahan yang terjadi dalam pemerintahan SBY dan Boediono dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi dan responden ingin ingin tahu langkah-langkah yang harus dilakukan oleh pemerintahan SBY dan Boediono nantinya pakah akan membawa hasil yang positif untuk Negara ini atau malah semakin membuat Negara semakin terpuruk.

    Item Type: Thesis (Undergraduate)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and symbols
    Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
    Depositing User: Anantha P
    Date Deposited: 05 Mar 2011 22:27
    Last Modified: 05 Mar 2011 22:27
    URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/846

    Actions (login required)

    View Item