Motif Pembaca DetEksi pada Harian Jawa Pos (Studi Deskriptif Motif Remaja Kota Surabaya Membaca Rubrik DetEksi pada Harian Jawa Pos)

Rinarhayu , Novitasari (2010) Motif Pembaca DetEksi pada Harian Jawa Pos (Studi Deskriptif Motif Remaja Kota Surabaya Membaca Rubrik DetEksi pada Harian Jawa Pos). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (79Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (261Kb)

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif pembaca, khususnya remaja kota Surabaya dalam membaca rubrik DetEksi pada harian Jawa Pos. Landasan teori yang digunakan pada penelitian ini adalah surat kabar (koran) sebagai media komunikasi massa, teori remaja, dan teori Uses and Gratifications. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 446.646 orang, yang terdiri dari jenis kelamin laki-laki 214.731 orang dan perempuan 231.915 orang. Sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada sejumlah responden. Untuk analisis data menggunakan tabulasi data yang dimasukkan pada table frekuensi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa motif remaja Surabaya dalam membaca rubrik DetEksi pada harian Jawa Pos berada pada kategori tinggi. Yang berarti bahwa remaja Surabaya memiliki motivasi yang tinggi untuk mendapatkan informasi, pendidikan, dan juga hiburan. Dengan demikian, di masa mendatang hendaknya pihak redaksi rubrik DetEksi dapat mempertahankan berita yang disajikan beserta tampilannya (layout) agar kebutuhan remaja Surabaya akan informasi, pendidikan, dan hiburan dapat semakin terpenuhi.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
      P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Anantha P
      Date Deposited: 05 Mar 2011 22:42
      Last Modified: 05 Mar 2011 22:43
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/848

      Actions (login required)

      View Item