SIKAP MASYARAKAT PENGGUNA JASA LAYANAN TRANSPORTASI UDARA DI SURABAYA (Studi Deskriptif Sikap Masyarakat Pengguna Jasa Layanan Transportasi Udara Di Surabaya Pasca Pemberitaan Pengumuman KNKT Terkait Peristiwa Kecelakaan Pesawat Adam Air)

SISTA , RIFKY WIDHYSUNU (2010) SIKAP MASYARAKAT PENGGUNA JASA LAYANAN TRANSPORTASI UDARA DI SURABAYA (Studi Deskriptif Sikap Masyarakat Pengguna Jasa Layanan Transportasi Udara Di Surabaya Pasca Pemberitaan Pengumuman KNKT Terkait Peristiwa Kecelakaan Pesawat Adam Air). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (60Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (189Kb)

      Abstract

      Media massa secara teoritis memiliki fungsi sebagai saluran informasi, saluran pendidikan dan saluran hiburan, namun pada kenyataannya media massa memberi efektif lain di luar fungsinya itu. Efek media massa tidak saja mempengaruhi sikap seseorang namun dapat pula mempengaruhi perilaku. Fenomena yang menarik adalah Beberapa waktu ini, surat kabar di tanah air banyak memuat berita tentang pengumuman KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi). Hal tersebut terkait dengan kecelakaan pesawat Adam Air di Majene Sulawesi Selatan. Sebagaimana diberitakan tim KNKT melakukan investigasi berdasar atas beberapa temuan di lapangan termasuk hasil pemeriksaan kotak hitam (black box) pesawat tersebut. Dari hasil investigasi KNKT bahwa jatuhnya Adam Air jurusan Surabaya- Manado yang membawa 96 orang penumpang (plus 2 pilot dan 4 awak kabin) di perairan Majene, Sulawesi Barat pada tanggal 1 Januari 2007. Berdasarkan uraian diatas maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah sikap masyarakat pengguna jasa layanan transportasi udara di Surabaya pasca pemberitaan pengumuman KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) terkait peristiwa kecelakaan pesawat Adam Air. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah tentang sikap masyarakat yang Surabaya yang membaca surat kabar Jawa Pos, Surat Kabar jawa Pos teori S.O.R. Obyek dalam penelitian ini adalah adalah masyarakat berusia 17 sampai 60 tahun yang bertempat tinggal di kota Surabaya. Dengan menggunakan teknik penarikan sampel Multi Stage Cluster Random Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aspek kognitif pembaca dalam membaca surat kabar Jawa Pos sebagian besar berada pada kategori yang positif, Aspek afektif dalam menyukai jasa transportasi udara sebagian besar berada pada kategori positif dan Aspek Konatif responden dalam kecenderungan untuk bertindak atau bereaksi terhadap penggunaan jasa transportasi udara sebagian besar berada pada kategori positif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagian besar responden mempunyai sikap positif terhadap pemberitaan di dalam surat kabar Jawa Pos yang umumnya berisi tentang peristiwa kecelakaan pesawat Adam Air, serta tidak adanya responden yang mempunyai opini negatif dalam penelitian ini. Dengan banyaknya responden yang beropini positif dikarenakan semua responden atau masyarakat ingin mendapatkan informasi yang spesifik tentang pemberitaan pengumuman KNKT terkait peristiwa kecelakaan pesawat Adam Air.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Anantha P
      Date Deposited: 05 Mar 2011 22:59
      Last Modified: 05 Mar 2011 23:00
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/850

      Actions (login required)

      View Item