PEMAKNAAN IKLAN ATTACK VERSI “AIR” DI MEDIA CETAK (Studi Semiotik mengenai pemaknaan iklan Attack versi Air di media cetak Nyata edisi 2018)

I MADE , SWASTIKA, (2010) PEMAKNAAN IKLAN ATTACK VERSI “AIR” DI MEDIA CETAK (Studi Semiotik mengenai pemaknaan iklan Attack versi Air di media cetak Nyata edisi 2018). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (133Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (182Kb)

      Abstract

      Penelitian pada iklan Attack versi air ini didasari oleh ketertarikan peneliti pada konsep iklannya yang unik dan menarik, berbeda dimana pada iklan tersebut digambarkan seekor ikan yang membawa bendera berwarna putih yang bertuliskan tolong. Jika dilihat, maka gambar dalam iklan Attack versi Air tersebut seperti tidak menunjukkan pesan sebagai produk yan ditujukan untuk pencuci pakaian, melainkan bisa dipersepsikan sebagai penolong ikan. Pada umumnya iklan deterjen menampilkan kelebihan dan hasil kerja produknya melalui gambar tumpukan lipatan pakaian yang sudah dicuci bersih atau gantungan pakaian yang sedang dijemur. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi Semiotik Charles Sanders Pierce dengan teori dasarnya yaitu tanda. Berdasarkan obyeknya Pierce membagi tanda menjadi tiga kategori yaitu ikon, indeks, dan simbol. Ikon adalah tanda dimana hubungan antara tanda dan acuannya berupa kemiripan, indeks adalah tanda dimana hubungan antara tanda dan acuannya timbul karena adanya sebab akibat, dan simbol adalah tanda dimana hubungan antar tanda dan acuannya merupakan hubungan yang sudah terbentuk karena konvensi dari pengguna tanda itu sendiri. Selain teori tanda Pierce juga menggunakan teori-teori iklan dalam media cetak, pengertian air, wanita dan kegiatan rumah tangga, ikan dan bendera sebagai daya tarik, komunikasi sebagai suatu prose simbolik, pesan komunikasi iklan, konsep makna, citra merek, dan penggunaan warna dalam membuat isyarat. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi Semiotik. Korpus dalam penelitian ini adalah iklan Attack versi Air di media cetak Nyata edisi 2018. Kesimpulan makna dari korpus penelitian iklan Attack versi air ini adalah bahwa maksud utama dari pembuat iklan Attack ini adalah mengangkat tema keutamaan manfaat dari produk Attack, dimana jika seseorang dalam hal ini wanita atau ibu rumah tangga menggunakan produk pencuci pakaian tersebut dapat mengurangi pencemaran lingkungan air yang diakibatkan oleh pembuangan deterjen sehingga dapat menyelamatkan kehidupan air mulai dari rumah kerumah, serta dapat menyelamatkan masa depan si kecil.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and symbols
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 05 Mar 2011 23:21
      Last Modified: 05 Mar 2011 23:22
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/852

      Actions (login required)

      View Item