PENGGAMBARAN KESETARAAN GENDER PADA LIRIK LAGU “RAHASIAKU” (Studi Semiotik Dalam Lirik Lagu “Rahasiaku” yang Dibawakan oleh Grup Band Gigi).

MEYTA , TRI WAHYUNI (2010) PENGGAMBARAN KESETARAAN GENDER PADA LIRIK LAGU “RAHASIAKU” (Studi Semiotik Dalam Lirik Lagu “Rahasiaku” yang Dibawakan oleh Grup Band Gigi). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (76Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (128Kb)

      Abstract

      Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penggambaran kesetaraan gender dalam lirik lagu “Rahasiaku” yang dipopulerkan oleh Gigi. Penelitian ini di dasarkan pada konsep gender yang terdapat kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan terhadap lirik lagu tersebut. Dalam lirik tersebut mengisahkan tentang seorang laki-laki lemah, dia berharap pasangannya memberi kesempatan untuknya agar bisa membuktikan bahwa dia mampu menjadi sosok laki-laki sempurna layaknya laki-laki sejati yang gagah, kuat, dan perkasa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan semiotik yang dikemukakan oleh Ferdinand de Saussure. Analisis dilakukan melalui pandangan mengenai Signifier (penanda) dan Signified (petanda); Form (bentuk) dan Content (isi); Langue (bahasa) dan Parole (tuturan, ujaran); Synchronic (sinkronik) dan Diachronic (diakronik); Syntagmatic (sintagmatik) dan Associative (paradigmatik). Dari data yang dianalisis peneliti mengenai penggambaran kesetaraan gender dalam lirik lagu “Rahasiaku” yang dibawakan Gigi, peneliti dapat menyimpulkan, bahwa kesetaraan gender digambarkan sebagai bentuk kekuasaan perempuan atas ketidakberdayaan seorang laki-laki yang tidak mampu menjadi sosok yang kuat dan perkasa. Karena terdapat konsep gender yang dapat dipertukarkan, bahwa perempuan mempunyai posisi peran yang sama atau setara dengan laki-laki. Stereotipe gender laki-laki sebagai makhluk yang paling kuat tidak nampak dalam lirik lagu ini. Karena yang nampak dalam lirik lagu ini perempuan yang menjadi sosok yang lebih kuat dan perkasa. Selain itu peneliti juga menyimpulkan bahwa terdapatnya kontradiksi antara stereotipe gender yang oleh masyarakat dianggap ideal.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and symbols
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 06 Mar 2011 08:26
      Last Modified: 06 Mar 2011 08:26
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/859

      Actions (login required)

      View Item