PEMAKNAAN ILUSTRASI SAMPUL DEPAN MAJALAH TEMPO (Analisis Semiotik Ilustrasi Sampul Depan Majalah Tempo Edisi 22 Maret Sampai 28 Maret 2010 Yang Berjudul Angkatan Baru Penebar Teror)

ZULIANAH, - (2010) PEMAKNAAN ILUSTRASI SAMPUL DEPAN MAJALAH TEMPO (Analisis Semiotik Ilustrasi Sampul Depan Majalah Tempo Edisi 22 Maret Sampai 28 Maret 2010 Yang Berjudul Angkatan Baru Penebar Teror). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (413Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (317Kb)

      Abstract

      Permasalahan dalam Gambar Ssampul Majalah Tempo Edisi 22 Maret sampai 28 Maret 2010 penggambaran seragam TNI (loreng) tetapi tidak bermotif loreng polos dari warna hijau, coklat, hitam dan putih kecoklatan melainkan bermotif sketsa bayangan manusia yang mewakili warna loreng. Pada ilustrasi ini pula terdapat judul Angkatan Baru Penebar Teror. Hal ini berarti sebuah permasalahan penggambaran suatu kelompok tertentu dari sebuah institusi negara yaitu Kesatuan Tentara Nasional Indonesia sebagai Angkatan baru yang siap sebagai penebar teror di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana makna yang dikomunikasikan Ilustrasi Sampul Depan Majalah Tempo Edisi 22 Maret - 28 Maret 2010 Yang Berjudul Angkatan Baru Penebar Teror. Dengan mengkaji tanda visual terkait dengan gambar ilustrasi, atribut, dan warna serta tanda verbal (kata-kata pada judul) melalui pendekatan semiotik milik Charles Sanders Pierce. Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotik Pierce yang membagi tanda berdasarkan objeknya ke dalam ikon, indeks dan simbol yang kemudian dalam pemaknaannya melibatkan kerjasama dari tanda, objek dan interpretan. Metode yang digunakan adalah kualitatif, dan yang menjadi korpusnya adalah keseluruhan gambar ilustrasi sampul depan majalah tempo edisi 22 maret – 28 maret tersebut, sedangkan unit analisisnya adalah tanda-tanda berupa gambar, tulisan yang terdapat pada korpus tersebut yang kemudian akan dianalisis dengan menggunakan analisis semiotik Charles Sanders Pierce. Tampilan dengan gaya pada ilustrasi Sampul Depan Majalah Tempo Edisi 22 Maret-28 Maret 2010 yang menjadi korpus penelitian ini dirancang sedemikian rupa, sehingga menimbulkan makna tertentu. Dalam penelitian ini peneliti menginterpretasikan Ilustrasi tersebut sebagai gambaran pesan bahwa terorisme masih menghantui masyarakat Indonesia dengan dipersiapkannya penerus atau Angkatan Baru sebagai tentara. Kesimpulan dari pesan visualisasi pada ilustrasi Sampul Depan Majalah Tempo Edisi 22 Maret-28 Maret 2010. Jemaah Islamiyah sudah mempersiapkan orang-orang pilihan, sebagai penerus keyakinan ideologi, serta dengan melatih mereka melalui indoktrinasi keyakinan tentang Tuhan, Jihad, Surga, Kafir, dan lain sebagainya. Sekelompok teroris ini dilatih seperti layaknya TNI menjadi tenaga militer hingga siap menjadi pasukan baru berani mati demi ideologi yang diyakininya untuk menumpas orang-orang yang dianggap kafir sebagai jalan kebenaran Tuhan. Setelah dinyatakan lulus pasukan ini harus mati untuk dapat menang memperjuangkan ideologi dan dapat masuk surga. Pemaknaan Keseluruhan Ilustrasi Sampul Depan Majalah Tempo Edisi 22 Maret – 28 Maret 2010 Yang Berjudul Angkatan Baru Penebar Teror adalah Pasukan Berani Mati.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and symbols
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 06 Mar 2011 08:32
      Last Modified: 06 Mar 2011 08:33
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/860

      Actions (login required)

      View Item