SIKAP MAHASISWA SURABAYA TERHADAP PENGGUNAAN GAMBAR GARUDA VERSI “STUDDED EAGLE” PADA KAOS ARMANI EXCHANGE (Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Sikap Mahasiswa Surabaya Terhadap Penggunaan Gambar Garuda Versi “STUDDED EAGLE” pada Kaos Armani Exchange)

RIA, UTAMI SILABAN. (2010) SIKAP MAHASISWA SURABAYA TERHADAP PENGGUNAAN GAMBAR GARUDA VERSI “STUDDED EAGLE” PADA KAOS ARMANI EXCHANGE (Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Sikap Mahasiswa Surabaya Terhadap Penggunaan Gambar Garuda Versi “STUDDED EAGLE” pada Kaos Armani Exchange). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (163Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (179Kb)

      Abstract

      Permasalahan dalam penelitian ini adalah dikarenakan kontroversi sikap yang terjadi pada masyarakat Indonesia terkait penggunaan gambar garuda tersebut yang persis dengan Garuda Pancasila, apakah menerima atau menolak, senang atau tidak senang, wajar atau tidak wajar gambar garuda tersebut digunakan, itu semua sangat berpengaruh pada khalayaknya, yaitu masyarakat Indonesia secara keseluruhan dan mahasiswa Surabaya yang secara khusus dipilih oleh peneliti sebagai responden. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui sikap mahasiswa Surabaya terhadap penggunaan gambar garuda versi “STUDDED EAGLE” pada kaos Armani Exchange. Sikap mahasiswa Surabaya dapat dilihat dari aspek sikap, yaitu aspek kognitif, aspek afektif, aspek konatif yang nantinya berujung pada sikap positif, netral, dan negatif terhadap penggunaan gambar garuda tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Stimulus-Organism-Response dan Teori Sikap yang didalamnya terkandung 3 aspek diantaranya aspek kognitif, aspek afektif, aspek konatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Surabaya yaitu mahasiswa Universitas Airlangga, Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur, dan Universitas Widya Mandala yang didapat berdasarkan cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan mahasiswa Surabaya mempunyai sikap netral, tidak mendukung dan tidak menolak terhadap penggunaan gambar garuda versi “STUDDED EAGLE” pada kaos Armani Exchange., mengganggap bahwa gambar tersebut wajar saja.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and symbols
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 06 Mar 2011 08:41
      Last Modified: 06 Mar 2011 08:41
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/861

      Actions (login required)

      View Item