REPRESENTASI KETEGARAN HIDUP SEORANG ANAK DALAM LIRIK LAGU “SINAR PAHLAWANKU” (Studi Semiotik Representasi Ketegaran Hidup Seorang Anak Dalam Lirik Lagu “Sinar Pahlawanku” Ciptaan Charly ST12, Artis Charly ST12 feat. Regina dan Restu)

FANNY , JULBARINA (2010) REPRESENTASI KETEGARAN HIDUP SEORANG ANAK DALAM LIRIK LAGU “SINAR PAHLAWANKU” (Studi Semiotik Representasi Ketegaran Hidup Seorang Anak Dalam Lirik Lagu “Sinar Pahlawanku” Ciptaan Charly ST12, Artis Charly ST12 feat. Regina dan Restu). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (82Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (182Kb)

      Abstract

      Musik diartikan sebagai suatu ungkapan berasal dari perasaan yang dituangkan dalam bentuk bunyi-bunyian atau suara. Musik merupakan hasil karya manusia yang menarik diantara banyak karya-karya lain, dikatakan menarik karena musik memegang peran yang sangat banyak di berbagai bidang. Salah satu hal terpenting dalam sebuah musik adalah lirik lagunya, karena lirik lagu dalam musik yang sebagaimana bahasa, dapat menjadi sarana atau media komunikasi untuk mencerminkan realitas sosial yang beredar dalam masyarakat. Lirik lagu dapat pula sebagai sarana untuk sosialisasi karena mengandung informasi atau pesan, dan dapat pula sebagai pelestarian terhadap suatu sikap atau nilai. Konsep representasi dalam penelitian ini berupa tulisan-tulisan syair pada lirik lagu tersebut, dan merujuk pada pengertian tentang bagaimana seorang pencipta lagu membentuk makna dalam sebuah lirik lagu. Lewat bahasa (simbol-simbol dan tanda tertulis lisan atau gambar) kita dapat mengungkapkan pikiran, konsep dan ide-ide kita tentang sesuatu. Makna sesuatu hal sangat tergantung dari cara merepresentasikannya. Dengan mengamati kata-kata yang kita gunakan dalam merepresentasikan sesuatu, bisa terlihat jelas nilai-nilai yang kita berikan pada sesuatu tersebut Untuk menganalisa sistem tanda bahasa berupa lirik lagu tersebut, maka penelitian ini menggunakan analisis dengan menggunakan metode semiotik Ferdinand de Saussure, yaitu pandangan tentang signifier (penanda) dan signified (petanda), langue (bahasa) dan parole (ujaran), serta syntagmatic (sintagmatik) dan associative (paradigmatik). Pada lirik lagu ini akan dimaknai menurut struktur lagunya. Setiap kata tentu mengandung suatu makna, baik makna denotati maupun makna konotatif. ”Sinar Pahlawanku” adalah sebuah lagu yang terinspirasi dan termotivasi karena ketegaran seorang anak sekolah dasar dalam menjalani hidup. Anak yang seharusnya dapat menikmati masa kecilnya dan bermain dengan teman-teman sebayanya, tetapi malah harus menanggung kewajiban yang sangat besar untuk merawat ibunya dan menjadi tulang punggung keluarga. Sangat miris hati seorang anak dapat mengurus ibunya yang sedang lumpuh sendirian. Anak yang seharusnya bisa tumbuh dengan kebahagian dan banyak impian tersebut, malah menjadi pengganti kaki ibunya. Dapat disimpulkan bahwa untuk ukuran anak sekecil itu, ironis memang jika kita lihat betapa tegarnya ia untuk menjalani hidup dan tetap memandang kehidupan dengan pemikiran yang dewasa. Jangan menangis sayang, ini hanyalah cobaan Tuhan. Hadapi semua dengan senyuman, dengan senyuman. Charly ST12 berharap, lagu tersebut bisa menguatkan anak yang mencintai ibunya dengan sangat tulus itu.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and symbols
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 06 Mar 2011 09:02
      Last Modified: 06 Mar 2011 09:03
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/864

      Actions (login required)

      View Item