PEMAKNAAN LIRIK LAGU M.I.L.F ( studi semiotik pemaknaan lirik lagu M.I.L.F yang dipopulerkan grup rap Kungpow Chickens dalam album “ Smell Like Fish Taste Like Chickens”)

DESI , DWI PUSPITA SARI (2010) PEMAKNAAN LIRIK LAGU M.I.L.F ( studi semiotik pemaknaan lirik lagu M.I.L.F yang dipopulerkan grup rap Kungpow Chickens dalam album “ Smell Like Fish Taste Like Chickens”). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (100Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (191Kb)

      Abstract

      Penelitian ini di dasarkan pada fenomena semakin berkembangnya dunia musik di Indonesi. Musik merupakan karya seni bunyi dalam bentuk lagu yang mengungkap pikiran dan perasaan pencipta melalui harmoni, bentuk atau struktur lagu dan ekspresi sebagai satu kesatuan yang utuh berdasarkan frame of reference dan field of experience. Dalam lirik lagu “M.I.L.F” penuh konotasi bahasa yang menarik untuk dimaknai dngan timbulnya kontroversial di masyarakat . sehingga timbul pertanyaan yang menjadi dasar perumusan masalah yaitu apakah makna pesan yang terkandung dalam lirik lagu tersebut. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui makna pesan yang terkandung dalam lirik lagu “M.I.L.F” tersebut. Studi penelitian ini diarahkan pada pendekatan semiologi Roland Barthes. Konsep yang digunakan adalah mitos, pranata dan konstruksi kenyataan sosial dan interpretasi tanda.Studi analisis yang dilakukan oleh peneliti mengacu pada semiologi Roland Barthes, dimana mengupas makna dibalik tanda setiap lirik dalam lagu tersebut dengan peta tanda Roland Barthes dan lima kode pembacaan, yaitu kode hermeneutik, kode proaretik, kode semik, kode kultural, dan kode budaya . Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif interpretative dengan menggunakan analisis semiologi dengan pendekatan semiotik berdasarkan konsep signifikasi dua tahap Roland Barthes. Unit analisis yang digunakan adalah tanda-tanda yang berupa kata-kata yang terdapat dalam lirik “M.I.L.F”. Gambaran umum objek penelitian dijabarkan tentang bagaimana latar belakang dan perkembangan lagu ”M.I.L.F ” serta pencipta dalam menciptakan lagu tersebut. Pemaknaan lirik lagu ”M.I.L.F” ini hasilnya dikaitkan dengan realitas ekstrenal yang terjadi di masyarakat Indonesia. Dari data yang sudah diinterpretasi dan dianalisis,maka disimpulkan bahwa makna yang terkandung dalam lirik lagu “ M.I.L.F” adalah mengenai perilaku moral terutama remaja yang tidak etis atau disebut immoral. Dan pesan yang terkandung di dalam lirik lagu “ M.I.L.F” tersebut adalah bahwa, pencipta lagu tersebut menceritakan tentang obsesi seorang remaja yang menyenangi hubungan seks dengan wanita yang telah bersuami dan terpaut jauh usianya, sehingga obsesinya tersebut mendorong remaja melakukan perilaku imitasi yang seringkali diadaptasi dari budaya asing dan dianggap tidak etis, perilaku serba permisifnya budaya asing dan kurangnya perhatian keluarga dapat menebalkan perilaku immoral pada remaja. Saran yang disampaikan peneliti adalah agar para orang tua lebih konsep tentang sebenarnya dari remaja, sifat-sifat remaja, tidak sekedar hanya memberi batasbatasan ( larangan-larangan belaka) melainkan lebih berani memberikan pengertian tentang apa itu seks. Seks saat – saat ini hendaknya bukan hal yang tabu untuk dibicarakan. Sehingga orientasi sekspun berjalan wajar dan tidak menimbulkan perilaku immoral bagi remaja.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and symbols
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 06 Mar 2011 09:16
      Last Modified: 06 Mar 2011 09:17
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/866

      Actions (login required)

      View Item