OPINI PELAJAR KELAS XI TENTANG BERITA MENURUNNYA TINGKAT KELULUSAN UJIAN NASIONAL SMA/MA SEDERAJAT 2010 DI MEDIA MASSA (Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Opini Pelajar Kelas XI Di Kabupaten Manggarai Barat Tentang Berita Menurunnya Tingkat Kelulusan Ujian Nasional SMA/MA Dan Sederajat 2010 Di Media Massa).

VINSENSIA , GERE (2010) OPINI PELAJAR KELAS XI TENTANG BERITA MENURUNNYA TINGKAT KELULUSAN UJIAN NASIONAL SMA/MA SEDERAJAT 2010 DI MEDIA MASSA (Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Opini Pelajar Kelas XI Di Kabupaten Manggarai Barat Tentang Berita Menurunnya Tingkat Kelulusan Ujian Nasional SMA/MA Dan Sederajat 2010 Di Media Massa). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (134Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (514Kb)

      Abstract

      Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah menurunnya tingkat kelulusan Ujian Nasional SMA/MA sederajat yang berkembang pada pemberitaan di media massa sejak awal April 2010. Berawal dari hasil Ujian Nasional yang menurunnya sebanyak 4% dari tahun sebelumnya yakni dari 93,74% menjadi 89,88. Kementrian Pendidikan Indonesia (Kemdiknas), menurut Nuh (Menteri Pendidikan), juga merilis beberapa provinsi di kawasan Timur Indonesia masih menjadi yang terbanyak ketidaklulusan siswa SMA dan MA. Provinsi tersebut diantaranya Gorontalo (53 persen), Nusa Tenggara Timur (52,8 persen), dan Maluku Utara (41 persen), Sulawesi Tenggara/Sultra (35 persen), Kalimantan Timur/Kaltim (30 persen) dan Kalimantan Tengah/Kalteng (39 persen). Penelitian ini menggunakan teori jarum hipodermik, dimana teori dalam ini memiliki asumsi bahwa media sangat ampuh dalam mengkomunikasikan pesan yang dikehendaki oleh komunikator. Masalah menurunnya tingkat kelulusan Ujian Nasional SMA/MA sederajat dianggap sebagai sesuatu yang dapat disuntikkan langsung kepada pikiran masyarakat, dalam hal ini lebih dikhususkan kepada pelajar kelas XI. Deskripsi opini yang diinginkan mempunyai 3 arah, yaitu opini positif, opini negatif dan opini netral. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan mengambil populasi pelajar kelas XI di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Metode pengumpulan data dilakukan melalui dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Sedangkan metode analisis yang dipakai dengan membuat tabel frekuensi untuk memudahkan dalam interpretasi data. Hasil dari penelitian ini adalah diketahui bahwa pelajar kelas XI di Kabupaten Manggarai Barat mempunyai opini yang netral tentang berita menurunnya tingkat kelulusan Ujian Nasional SMA/MA sederajat di media massa. Opini tersebut diperoleh berdasarkan jawaban responden dari pernyataan dalam bentuk kuisioner yang meliputi pernyataan seputar berita menurunnya tingkat kelulusan Ujian Nasional SMA/MA sederajat di media massa. Stasiun televisi TV One turut membentuk arah opini pelajar kelas XI karena stasiun televisi TV One adalah stasiun yang lebih dalam meng-ekspose masalah menurunnya tingkat kelulusan Ujian Nasional tahun 2010 secara lebih mendalam. xii xiii Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pelajar kelas XI di Kabupaten Manggarai Barat memiliki arah opini netral tentang berita menurunnya tingkat kelulusan Ujian Nasional SMA/MA sederajat di media massa karena pelajar menganggap bahwa masalah menurunnya tingkat kelulusan Ujian Nasional yang berkembang di media massa, baik untuk dijadikan pelajaran berharga yang dapat memacu semangat pelajar untuk belajar dari kegagalan yang terjadi sebelumnya dan bisa lebih maksimal mempersiapkan diri dalam menghadapi Ujian Nasional tahun 2011 mendatang.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and symbols
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 06 Mar 2011 09:55
      Last Modified: 06 Mar 2011 09:55
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/867

      Actions (login required)

      View Item