PEMAKNAAN IKLAN PRODUK ROKOK GUDANG GARAM MRAH VERSI “SARJANA OJEK” (Studi Semiologi Tentang Pemaknaan Iklan Rokok Gudang Garam Merah Versi “Sarjana Ojek”) di Televisi

FRILYA , WARISCA UTAMI (2010) PEMAKNAAN IKLAN PRODUK ROKOK GUDANG GARAM MRAH VERSI “SARJANA OJEK” (Studi Semiologi Tentang Pemaknaan Iklan Rokok Gudang Garam Merah Versi “Sarjana Ojek”) di Televisi. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (119Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (231Kb)

      Abstract

      Periklanan adalah fenomena bisnis modern, tidak ada perusahaan yang ingin maju dan memenangkan kompetisi bisnis tanpa mengandalkan iklan. Iklan juga bias dikatakan sebagai jendela kamar dari sebuah perusahaan, keberadaan iklanlah yang menghubungkan perusahaan dengan masyarakat khususnya konsumen. Iklan produk adalah iklan yang berisi pesan tentang barang, sementara iklan bukan produk berisi informasi atau jasa.Tampilan iklan-iklan pada media televisi berlomba-lomba untuk menarik simpati dari pemirsanya menimbulkan gagasan mengenai konsep iklan yang bermacam-macam, salah satunya adalah tampilan iklan yang menggambarkan seorang Sarjana yang tingkat pendidikannya paling tinggi tetapi hanya bekerja menjadi seorang supir ojek. Berdasarkan gambaran diatas, penulis tertarik untuk mengetahui mengapa gelar sarjana di Indonesia banyak yang mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai dengan ilmu pendidikan yang sudah disandangnya sebagai seorang sarjana. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis simiotik John Fiske yang membagi iklan menjai tiga level utama yaitu pada level realitas, level representasi dan level ideologi. dalam tiap scene dan kelima kode Barthes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiotic film iklan John Fiske. Metode penelitian ini untuk mengetahui pemaknaan secara menyeluruh pada iklan rokok Gudang Garam Merah versi Sarjana Ojek di televisi dimana proses pembentukan makna oleh semiotika bersifat subyektif dan memiliki motivasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seorang lulusan sarjana dapat dan mampu untuk bisa membuat suatu peluang usaha yang sesuai dengan ilmu dan gelar yang disandang dengan adanya sikap berani menciptakan suatu peluang yang baru. Kesimpulan pada penelitian ini dapat mengangkat fenomena sosial tentang lulusan sosok seorang Sarjana di Indonesia.Positioning produk Rokok Gudang Garam Merah yang ditujukan kepada orang-orang yang berkepribadian yang kuat, pemberani, aktif diwakili oleh tanda-tanda narasi iklan versi “Sarjana Ojek”.Slogan “Nyalakan Merahmu” mengandung pesan tertentu. Gudang Garam Merah mengeluarkan slogan tersebut bertujuan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan semangat, berani, percaya diri, kekuatan untuk berkarya. Di samping itu tujuan iklan televisi tersebut adalah untuk mengingatkan dan memberikan dorongan kepada khalayak atau pemirsa agar membeli rokok Gudang Garam Merah.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and symbols
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Anantha P
      Date Deposited: 06 Mar 2011 10:14
      Last Modified: 06 Mar 2011 10:15
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/870

      Actions (login required)

      View Item