PENGGAMBARAN KEPASRAHAN DALAM LIRIK LAGU “Jangan Menyerah” (Studi Semiotik Tentang Penggambaran Kepasrahan Dalam Lirik Lagu “Jangan Menyerah” Karya Grup Band D’Masiv)

AFI , CHRIS YULIANTO (2010) PENGGAMBARAN KEPASRAHAN DALAM LIRIK LAGU “Jangan Menyerah” (Studi Semiotik Tentang Penggambaran Kepasrahan Dalam Lirik Lagu “Jangan Menyerah” Karya Grup Band D’Masiv). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (109Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (103Kb)

      Abstract

      Penelitian ini mengangkat fenomena yang terjadi di kehidupan masyarakat, dengan banyaknya musibah yang menimpa manusia akan sangat berpengaruh bagi kehidupannya. Dan hal ini akan menimbulkan adanya sebuah penderitaan bagi manusia, dan sebuah penderitaan tidak bisa dihindari oleh setiap manusia. Jalan satu-satunya untuk menghadapi hal tersebut dengan bersikap pasrah dan menerima segala ketentuan yang telah di tetapkanNya.. Berdasarkan penjelasan diatas maka timbul pertanyaan yang menjadi dasar perumusan masalah yaitu bagaimana penggambaran kepasrahan yang timbul dalam lirik lagu “Jangan Menyerah”. Studi penelitian ini diarahkan pada pendekatan semiologi Roland Barthes. Konsep yang digunakan adalah peta tanda Roland Barthes dan lima kode pembacaan, yaitu kode hermeunitik, kode proaretik, kode semik, kode simbolik dan kode kultural yang akan digunakan untuk memaknai setiap lirik dalam lagu tersebut. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif interpretative dengan menggunakan semiotik berdasarkan konsep signifikasi dua tahap Roland Barthes. Unit analisis yang digunakan adalah tanda-tanda yang berupa kata-kata yang terdapat dalam lirik lagu “Jangan Menyerah”. Gambaran umum objek penelitian dijabarkan tentang latar belakang pencipta lagu dalam menciptakan lagu tersebut. Dari data yang sudah diinterpretasi dan dianalisis, maka disimpulkan bahwa untuk menghadapi sebuah penderitaan, maka dibutuhkan sikap pasrah dan berserah diri serta mensyukuri segala pemberian Tuhan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini, bahwa didalam lirik lagu “Jangan Menyerah” terdapat sebuah penderitaan manusia dan adanya penggambaran kepasrahan manusia dalam menjalani kehidupannya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and symbols
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 06 Mar 2011 16:34
      Last Modified: 06 Mar 2011 16:34
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/872

      Actions (login required)

      View Item