SIKAP MASYARAKAT SURABAYA TERHADAP MAKELAR KASUS PAJAK PASCA PEMBERITAAN GAYUS TAMBUNAN DI SURAT KABAR JAWA POS (Studi Deskriptif Kuantitatif Sikap Masyarakat Terhadap Makelar Kasus Pajak Pasca Pemberitaan Gayus Tambunan Di Surat Kabar Jawa Pos)

FEBRITHA , HERGIANA (2010) SIKAP MASYARAKAT SURABAYA TERHADAP MAKELAR KASUS PAJAK PASCA PEMBERITAAN GAYUS TAMBUNAN DI SURAT KABAR JAWA POS (Studi Deskriptif Kuantitatif Sikap Masyarakat Terhadap Makelar Kasus Pajak Pasca Pemberitaan Gayus Tambunan Di Surat Kabar Jawa Pos). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (139Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (264Kb)

      Abstract

      Penelitian ini didasarkan atas fenomena tentang adanya makelar kasus pajak di tubuh Mabes POLRI yang melibatkan salah satu pegawai Ditjen Pajak Gayus Tambunan. Salah satu alat bukti yang disita dari Gayus Tambunan adalah uang dalam rekening sebear 25 M, menurut PPATK uang dalam rekening tersebut kebanyakan berasal dari wajib pajak. Tujuan penelitian ini yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Sikap Masyarakat Surabaya terhadap Makelar Kasus Pajak Pasca Pemberitaan Gayus Tambunan di Surat Kabar Jawa Pos. Teori yang akan peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R yaitu teori Stimulus-Organism-Respon untuk mengetahui bagaimana sikap masyarakat Surabaya terhadap makelar kasus pajak pasca mereka membaca berita mengenai Gayus Tambunan di surat kabar Jawa Pos. Stimulus yaitu pesan yang disampaikan dapat berupa tanda dan lambang. Organism adalah diri komunikan sebagai penerima pesan. Selanjutnya Selanjutnya response diartikan efek sebagai akhir dalam proses komunikasi yang menimbulkan perubahan kognitif, afektif dan konatif pada diri komunikan. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan metode kuesioner menggunakan random sampling, yakni pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut yaitu masyarakat Surabaya. Jumlah responden dalam penelitian ini sebesar 100 responden. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa responden cenderung mempunyai sikap positif yang berarti masyarakat menolak adanya markus pajak, dan berharap aparat kepolisian segera menuntaskan kasus tersebut dan menangkap para markus pajak agar tidak menimbulkan keresahan dimasyarakat.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 06 Mar 2011 16:42
      Last Modified: 06 Mar 2011 16:42
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/873

      Actions (login required)

      View Item