EFEKTIVITAS IKLAN simPATI VERSI “DETEKTIF” DALAM MEMPROMOSIKAN simPATI 5000 (Studi Deskriptif Kuantitatif Efektivitas Iklan simPATI Versi “Detektif” Dalam Mempromosikan simPATI 5000 Di Media Televisi Terhadap Masyarakat Surabaya).

RINA , BEATRIX RISAMBESSY (2010) EFEKTIVITAS IKLAN simPATI VERSI “DETEKTIF” DALAM MEMPROMOSIKAN simPATI 5000 (Studi Deskriptif Kuantitatif Efektivitas Iklan simPATI Versi “Detektif” Dalam Mempromosikan simPATI 5000 Di Media Televisi Terhadap Masyarakat Surabaya). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (126Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (430Kb)

      Abstract

      Selama ini simPATI memang dikenal lebih membidik segmen menengah ke atas, sehingga tidak semua kalangan bisa menggunakannya. Harga kartu yang mahal membuat masyarakat enggan untuk menggunakan simPATI. Disini Telkomsel berusaha untuk membidik segmen low-end dengan melakukan. terobosan baru melalui program simPATI 5000. Iklan yang diperankan oleh Arumi Bachsin sebagai talent yang merupakan brand ambassador ini menghadirkan serta menawarkan program baru dengan kartu perdana baru simPATI 5000 diantaranya 100 SMS/hari ke semua operator, 100 menit telepon, dan 5 MB internetan. simPATI 5000 dinilai masih kurang efektif disebabkan kekhawatiran masyarakat akan tarif telepon yang mahal membuat masyarakat berpikir dua kali untuk menggunakan. Teori Stimulus-Organism-Response digunakan, mengingat televisi serta media massa lain memang paling cocok untuk menjangkau heterogenitas masyarakat. Wells, Moriarty dan Burnett (2006: 98) menerangkan iklan yang efektif adalah iklan yang mampu bekerja dan memiliki pengaruh, dalam arti mampu mengirimkan pesan yang dapat membangkitkan hasrat dan memotivasi konsumen, untuk merespon seperti yang diharapkan pengiklan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Kota Surabaya dengan usia 17-40 tahun yang pernah melihat iklan televisi simPATI 5000 versi “detektif” dengan asumsi responden mengerti tentang apa yang sedang diteliti yang nantinya akan berpengaruh pada keakuratan data yang dihasilkan. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan tipe purposive sampling. Direct Rating Method (DRM) digunakan untuk menguji naskah iklan. Metode ini mengevaluasi kekuatan iklan yang berkaitan dengan kemampuannya untuk mendapatkan perhatian (tingkat attention), mudah tidaknya iklan itu dibaca secara seksama (tingkat readthrougness), mudah tidaknya iklan itu dipahami (tingkat cognitive), kemampuan iklan itu menggugah perasaan (tingkat affective), dan kemampuan iklan itu mempengaruhi perilaku (tingkat behavior). Berdasarkan analisis hasil survey yang dilakukan peneliti mengenai efektivitas iklan simPATI dalam mempromosikan simPATI 5000 di media televisi terhadap masyarakat Surabaya, secara keseluruhan diperoleh nilai DRM untuk iklan simPATI 5000 sebesar 74,2 hal ini berarti skor rata-rata direct rating method (DRM) iklan televisi simPATI 5000 iklan simPATI 5000 efektif.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 07 Mar 2011 16:40
      Last Modified: 07 Mar 2011 16:40
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/908

      Actions (login required)

      View Item