Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Anak Dan Bersalin Prima Husada Waru Sidoarjo

Any Kartikasari, Dwi (2009) Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Anak Dan Bersalin Prima Husada Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, Faculty of economic.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (154Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (1051Kb)

      Abstract

      Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Anak Dan Bersalin Prima Husada Waru Sidoarjo Dwi Any Kartikasari ABSTRAKSI Kesehatan merupakan hal penting bagi manusia. Oleh karenanya kesehatan harus senantiasa dijaga. Kesadaran masyarakat yang semakin tinggi terhadap pentingnya kesehatan merupakan salah satu alasan bahwa kebutuhan akan prasarana kesehatan juga semakin meningkat, selain itu pula masyarakat akan semakin pandai untuk memilih mana yang terbaik dan sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Rumah sakit merupakan tempat dimana orang yang mengalami gangguan kesehatan yang perlu rawat inap, rawat jalan maupun kontrol kesehatan. Rumah sakit juga tempat konsentrasi berbagai ahli kesehatan, kedokteran, pasien. Obyek pada penelitian ini adalah RS Anak dan Bersalin Prima Husada Waru-Sidoarjo yang sejak tahun 2006-2008 mengalami banyak komplain dari pasien. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan jasa mempengaruhi kepuasan pasien Rumah Sakit Anak dan Bersalin Prima Husada Waru Sidoarjo. Variabel yang digunakan adalah Kualitas Layanan (X) dan Kepuasan (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien yang menjalani rawat inap di rumah sakit Anak Dan Besalin Prima Husada Waru Sidoarjo. Sampel penelitian menggunakan teknik Purposive Sampling (Non Probabilitas) yaitu menyeleksi responden berdasar ciri-ciri atau sifat khusus sejumlah 115 orang pasien. Analisis data penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Berdasarkan hasil pengujian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien dapat diterima kebenarannya dan merupakan faktor penting dalam suatu perusahaan jasa. Keywords: kulaitas layanan, kepuasan

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 16 Feb 2011 15:44
      Last Modified: 16 Feb 2011 15:44
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/92

      Actions (login required)

      View Item