PERBANDINGAN PERKERASAN LENTUR DAN PERKERASAN KAKU TERHADAP BEBAN OPERASIONAL LALU LINTAS DENGAN METODE AASHTO PADA RUAS JALAN KALIANAK STA 0+000 – 5+350 SURABAYA

M. Sulthonul, Arifin (2010) PERBANDINGAN PERKERASAN LENTUR DAN PERKERASAN KAKU TERHADAP BEBAN OPERASIONAL LALU LINTAS DENGAN METODE AASHTO PADA RUAS JALAN KALIANAK STA 0+000 – 5+350 SURABAYA. Undergraduate thesis, Faculty of Civil Engineering and Planning.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (128Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (392Kb)

      Abstract

      Jalan Kalianak adalah salah satu prasarana perhubungan darat yang sangat penting di kawasan surabaya. Sehubungan dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk sekitarnya yang dapat menyebabkan peningkatan pergerakan (mobilitas) manusia, barang, dan jasa dari suatu tempat ke tempat yang lainnya, maka diperlukan suatu usaha peningkatan jalan. Dengan banyaknya pengguna jalan yang menggunakan kendaraan berat maka resiko seringnya terjadi kerusakan jalan pada jalan Kalianak juga sangat tinggi, hal ini salah satu alasan penggunaan perencanaan perkerasan yang baik agar tidak terjadi terganggunya arus lalu lintas pada ruas jalan tersebut. Pada tugas akhir ini dilakukan perbandingan antara perkerasan lentur dan perkerasan kaku terhadap beban operasional lalu lintas pada ruas jalan Kalianak STA 0+000 – 5+350 Surabaya menggunakan metode dari AASHTO sehingga pengambilan koefisien, angka keamanan maupun batas – batas ijin perencanaan mengacu pada metode yang diterapkan oleh AASHTO. Dari hasil perhitungan yang telah dibuat pada Tugas Akhir ini dapat dihasilkan suatu perbandingan antara lain perkerasan lentur dengan komposisi dan tebal perkerasan lapisan LASTON MS 744 dengan tebal 10 cm, lapisan pondasi atas batu pecah kelas A dengan tebal 15 cm dan lapisan pondasi bawah sirtu kelas A dengan tebal 25 cm sedangkan untuk perkerasan kaku dengan komposisi dan tebal perkerasan lapisan surflace plat beton K-350 dengan tebal 27 cm dan subbase dengan tebal 25 cm. Diketahui juga biaya investasi awal dan biaya perawatan perkerasan lentur untuk 20 tahun kedepan sebesar Rp. 98.765.894.74 / m’ sedangkan untuk perkerasan kaku sebesar Rp 68.987.784,88 / m’.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
      Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 08 Mar 2011 15:23
      Last Modified: 08 Mar 2011 15:23
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/932

      Actions (login required)

      View Item