ANALISIS KURS VALUTA ASING YANG MEMPENGARUHI PENANANAMAN MODAL ASING (PMA), EKSPORT, DAN PENGELUARAN PEMBANGUNAN DI JAWA TIMUR

Ahmad , Tofan (2010) ANALISIS KURS VALUTA ASING YANG MEMPENGARUHI PENANANAMAN MODAL ASING (PMA), EKSPORT, DAN PENGELUARAN PEMBANGUNAN DI JAWA TIMUR. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jawa Timur.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (173Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (287Kb)

      Abstract

      ANALISIS KURS VALUTA ASING YANG MEMPENGARUHI PENANANAMAN MODAL ASING (PMA), EKSPORT, DAN PENGELUARAN PEMBANGUNAN DI JAWA TIMUR Oleh : Abstraksi Ahmad Tofan Dalam melakukan perdagangan internasional nilai suatu komoditi suatu selalu dinyatakan dalam satuan mata uang, baik mata uang domestik maupun mata uang asing. Adanya transaksi dari berbagai jenis mata uang ini menimbulkan penukaran suatu mata uang terhadap mata uang lainya yang dikenal sebagai sistem kurs. Hal ini menyebabkan valuta asing menjadi alat terpenting bagi perdagangan komoditi di pasar internasional. Namun sering kali terjadi kebingungan dalam suatu perdagangan komoditi tertentu yang berhubungan dengan valuta asing, karena nilai dari valuta asing selalu berubah – ubah sesuai dengan penawaran dan permintaan di pasar uang. Perubahan nilai valuta asing ini disebabkan oleh banyak hal diantaranya perubahan tingkat inflasi, perubahan tingkat suku bunga, perubahan tingkat pendapatan, serta seberapa besar peran pemerintah dalam perekonomian. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badam Pusat Statistik Jawa Timur mulai tahun 1994 – 2008. Teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Sederhana dengan menggunakan alat bantu komputer program Statistic Program for Social Science (SPSS), yang menunjukkan pengaruh atau tidaknya signifikan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Dengan melihat hasil uji signifikasi dimana variabel bebas adalah Kurs Valas (X1), dan variabel terikat Penanaman Modal Asing (Y1), Eksport (Y2), dan Pengeluaran Pembangunan (Y3), maka dapat dibandingkan dan hasil uji signifikasi antara (1) Kurs Valas (X1) dengan Penanaman Modal Asing (Y1) Tidak Signifikan, (2) Kurs Valas (X1) dengan Eksport (Y2) Signifikan, (3) Kurs Valas (X1) dengan Pengeluaran Pembangunan (Y3) Signifikan. Dengan melihat hasil koefisien regresi variabel independent, maka dapat disimpulkan bahwa Eksport (Y2) merupakan variabel yang paling dominan terhadap pengaruh Kurs Valas (X1) di Jawa Timur. Kata kunci : Kurs Valas (X1), dan variabel terikat Penanaman Modal Asing (Y1), Eksport (Y2), dan Pengeluaran Pembangunan (Y3)

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501 Stocks. Investments. Speculation
      Divisions: UNSPECIFIED
      Depositing User: Ida Noeraini
      Date Deposited: 10 Mar 2011 10:24
      Last Modified: 10 Mar 2011 10:24
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/940

      Actions (login required)

      View Item