PENERAPAN METODE FAST & ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DALAM REKAYASA NILAI PADA PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG ( STUDI KASUS GEDUNG AKADEMI KEBIDANAN SITI KHODIJAH )

DENDRA, EKA PURMANA (2010) PENERAPAN METODE FAST & ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DALAM REKAYASA NILAI PADA PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG ( STUDI KASUS GEDUNG AKADEMI KEBIDANAN SITI KHODIJAH ). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (90Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (996Kb)

      Abstract

      Untuk melakukan perencanaan dalam sebuah proyek perlu analisa yang matang baik biaya maupun fungsi. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan hasil perencanaan yang optimum. Salah satu metode yang efektif adalah dengan menerapkan rekayasa nilai. Dimana analisa terhadap biaya didasari atas fungsi utama dari sebuah proyek. Penerapan rekayasa nilai pada proyek Pembangunan Akademi Kebidanan Siti Khodijah Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan dana yang tersedia oleh pihak pemilik proyek. Sehingga perlu dicarikan alternatif perencanaan dimana kebutuhan ruang yang direncanakan awal tetap tersedia dengan kondisi keuangan yang berjalan. Sedangkan rencana kerja rekayasa nilai meliputi ; Tahap Informasi, Tahap Kreatif, Tahap Analisa, dan Tahap Rekomendasi. Untuk mendapatkan hasil perencanaan yang baik digunakan Metode AHP. Sebelumnya dilakukan perbandingan cost/worth untuk mencari biaya yang tidak diperlukan dengan menggunakan analisa fungsi. Analisa fungsi tersebut berdasarkan fungsi-fungsi yang terpilih oleh FAST. Sedangkan item pekerjaan dalam FAST didapatkan dari analisa Pareto dan breakdown cost model. Dari hasil tahap rekomendasi untuk pekerjaan Rekayasa Nilai didapatkan penghematan biaya proyek sebesar Rp.74.512.739 atau 1,64 % dari total biaya proyek. Hal ini memberikan harapan pada pekerjaan perencanaan selanjutnya untuk dilakukan rekayasa nilai.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: T Technology > TH Building construction > TH1000 Systems of building construction
      Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 09 Mar 2011 15:42
      Last Modified: 09 Mar 2011 15:42
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/967

      Actions (login required)

      View Item