ANALISIS DAN DESAIN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TRANSAKSI RESERVASI HOTEL BERBASIS TEKNOLOGI MOBILE

Bustanul, Arifin (2011) ANALISIS DAN DESAIN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TRANSAKSI RESERVASI HOTEL BERBASIS TEKNOLOGI MOBILE. Undergraduate thesis, Faculty of Industrial Technology.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (991Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (3239Kb)

      Abstract

      Dalam dunia manajemen perhotelan memerlukan ketepatan mekanisme dan penataan yang terorganisir agar data terkemas dan terjaga keamanannya dengan baik, seiring pesatnya teknologi dan kemudahan – kemudahan yang ditawarkan di dalamnya, kini instansi – instansi baik swasta maupun negeri memanfaatkan fasilitas teknologi dalam pengolahan data – data yang dulu diolah secara manual diubah ke dalam pola komputerisasi yang mempermudah proses pengentrian dan pencarian data – data yang telah tersimpan dalam database. Database tersebut dibuat dengan tujuan agar proses kerja lebih optimal dan dapat dilakukan secara tepat dan tepat dengan tingkat kesalahan yang sedikit. Perusahaan perhotelan memiliki data – data diantaranya adalah data tamu, data keluar masuk tamu, data karyawan dan data administrasi, namun pengolahannya masih bersifat manual dan membutuhkan waktu yang sangat lama dalam proses penyimpanannya, oleh karena itu perlu dicari alternatif dalam penanganan data tersebut. Kalau kita cermati bersama, computer merupakan solusi terbaik dalam pengolahan data perhotelan. Sisi lain perkembangan teknologi maka tingkat mobilitas dan cara berpikir manusia semakin meningkat pula. Teknologi internet di Indonesia dewasa ini berkembang pesat dan sudah menjangkau lapisan masyarakat. Oleh karena itu, internet telah menjadi alternatif sebagai media komunikasi. Selama ini media yang dipergunakan untuk melakukan pemesanan salah satunya melalui internet. Hal ini memerlukan sebuah aplikasi web yang menyediakan layanan pemesanan yang langsung mengantarkannya kepada mereka yang memerlukan informasi tersebut. Proyek akhir ini akan memanfaatkan teknologi web untuk membangun suatu e-manajemen hotel kaligus Pemesanan (Booking)kamar Hotel berbasis web dan menggunakan teknologi mobile untuk memberikan informasi terbaru. Sehingga pelanggan dapat memanfaatkan aplikasi ini. Dengan program database ini manajemen hotel dapat mengolah data dengan mudah dibandingkan dengan pengolahan secara manual yang selama ini masih digunakan pada Hotel Ris kediri. Keunggulan program database ini antara lain dalam pencarian data yang lebih praktis dan efisien tanpa harus mencari satu persatu data-data yang ada atau file-file yang ada pada komputer. Program ini juga dilengkapi dengan cetak data. Program ini juga mempunyai kelebihan dalam hal keamanan data yaitu data yang telah tersimpan tidak dapat diubah, ditambah atau dihapus karena untuk masuk ke menu input dan menu edit harus memasukaan nama dan password terlebih dahulu. Pada sistem aplikasi ini juga mempunyai kelebihan, program ini selalu berada pada di atas sistem operasi.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
      Divisions: UNSPECIFIED
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 12 Oct 2011 15:11
      Last Modified: 12 Oct 2011 15:11
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/1379

      Actions (login required)

      View Item