ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Kasus pada PNS Yang Bekerja Pada Dinas Pendidikan Bagian Keuangan Kota Surabaya )

INDRAWAN , OKTAFIANTO (2011) ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Kasus pada PNS Yang Bekerja Pada Dinas Pendidikan Bagian Keuangan Kota Surabaya ). Undergraduate thesis, UPN "veteran" jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (451Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (1104Kb)

      Abstract

      ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Kasus pada PNS Yang Bekerja Pada Dinas Pendidikan Bagian Keuangan Kota Surabaya ) Oleh : INDRAWAN OKTAFIANTO Abstrak Hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada Dinas Pendidikan Kota Surabaya di bagian keuangan diketahui bahwa latar belakang pendidikan para pegawai negeri sipil yang bekerja pada Dinas Pendidikan kota Surabaya di bagian keuangan tersebut beragam, mulai dari SMA hingga sarjana (S1). Jumlah pegawai yang bekerja pada Dinas Pendidikan Kota Surabaya bagian keuangan hingga diantaranya dari SH 28 %, S.Teknik 6 %, dan S.Pendidikan 11 %. Hasik wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan sekretaris di bagian keuangan tentang pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan menyebutkan bahwa kurang lebih 80 % pegawai di bagian keuangan Dinas Pendidikan Kota Surabaya pernah mengikuti pelatihan. Terlepas dari jenis pelatihan apa yang pernah diikuti, baik pelatihan akuntansi ataupun yang lain. Pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya itu tergantung regulasi dari pemerintah pusat. Populasi dalam penelitian ini populasinya 18 pegawai negeri sipil yang tercatat pada Dinas Pendidikan Kota Surabaya bagian keuangan yang tercatat sebagai pegawai tetap. Sampel yang digunakan adalah teknik sensus dimana setiap anggota populasi mempunyai peluang yang sama untuk dijadikan sampel. Data yang dipergunakan adalah data primer. Sedangkan teknik analisis yang dipergunakan adalah analisis Regresi Linier Berganda. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah didapatkan bahwa 1).tidak terdapat pengaruh antara pendidikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi di Dinas Pendidikan Kota Surabaya bagian keuangan 2).Terdapat pengaruh antara pelatihan terhadap tingkat pemahaman akuntansi di Dinas Pendidikan Kota Surabaya bagian keuangan. Kata kunci : Pendidikan, Pelatihan dan Tingkat Pemahaman Akuntansi.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      L Education > L Education (General)
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 07 Nov 2011 17:22
      Last Modified: 07 Nov 2011 17:22
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/1720

      Actions (login required)

      View Item