PENGARUH PERILAKU BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP STRES KULIAH MAHASISWA AKUNTANSI (Studi Kasus : Mahasiswa Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur)

Widi , Indra Setiaji (2011) PENGARUH PERILAKU BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP STRES KULIAH MAHASISWA AKUNTANSI (Studi Kasus : Mahasiswa Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur). Undergraduate thesis, Faculty of Economics.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1220Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (4Mb)

      Abstract

      Perilaku belajar didefinisikan sebagai kebiasaan belajar. Kebiasaan belajar yang jelek disebabkan oleh kurangnya kesadaran mahasiswa mengenai makna belajar di perguruan tinggi, sehingga mahasiswa tersebut merasa frustasi dalam menjalankan proses belajar. Proses belajar mengajar berkaitan dengan kecerdasan emosional mahasiswa. Kecerdasan emosional ini mampu melatih kemampuan mahasiswa tersebut, yaitu kemampuan untuk mengelola perasaannya, memotivasi dirinya, tegar dalam menghadapi frustasi, mengendalikan dorongan dan menunda kepuasan sesaat, mengatur suasana hati yang reaktif, serta mampu berempati dan bekerja sama dengan orang lain. Kecerdasan emosi berkembang sejalan dengan usia dan pengalaman. Penelitian ini dilakukan pada 115 mahasiswa akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur angkatan tahun 2007 dengan data primer berupa kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah regresi. Hasil analisis kemudian di analisis dengan uji asumsi klasik serta uji F dan uji t statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku belajar memberikan pengaruh yang signifikan dan positif terhadap stres kuliah responden, sedangkan kecerdasan emosional memberikan pengaruh signifikan dan negatif terhadap stres kuliah responden. Variabel perilaku belajar mempunyai pengaruh positif terhadap stres kuliah. Pengaruh positif ini menunjukkan pengaruh yang searah (sama), artinya jika perilaku belajar meningkat mengakibatkan stres kuliah juga ikut meningkat, begitu pula sebaliknya. Variabel kecerdasan emosional mempunyai pengaruh negatif terhadap stres kuliah. Pengaruh negatif ini menunjukkan pengaruh yang terbalik, artinya jika kecerdasan emosional meningkat mengakibatkan stres kuliah menurun, begitu pula sebaliknya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      L Education > L Education (General)
      L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
      L Education > LC Special aspects of education
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 24 Oct 2011 17:42
      Last Modified: 24 Oct 2011 17:43
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/1815

      Actions (login required)

      View Item