REPRESENTASI STEREOTIP LAKI-LAKI PADA IKLAN TELEVISI. (Studi Semiotik Representasi Stereotip Laki-laki pada Iklan Nescafe Classic rasa Lebih Hitam di Televisi)

Tigor Ferdiansyah , Kuncoro (2010) REPRESENTASI STEREOTIP LAKI-LAKI PADA IKLAN TELEVISI. (Studi Semiotik Representasi Stereotip Laki-laki pada Iklan Nescafe Classic rasa Lebih Hitam di Televisi). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Politics.

[img]
Preview
PDF (Kata pengantar - Bab I)
Download (44Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab II - V)
    Restricted to Repository staff only

    Download (202Kb)
      [img]
      Preview
      PDF (Daftar pustaka)
      Download (13Kb) | Preview

        Abstract

        Penelitian ini didasarkan pada kurangnya pemahaman dan penjelasan akan stereotip laki-laki dalam masyarakat terutama di Indonesia. Iklan Nescafe Classic ini menyajikan gambaran lain akan stereotip laki-laki yang seharusnya masyarakat pahami dan mengerti. Penggambaran berbeda dari stereotip laki-laki dijabarkan dalam iklan ini. Iklan dalam media massa itu menyampaikan pesan tertentu kepada masyarakat. Penelitian ini dilakukan unutk mendeskripsikan representasi stereotip laki-laki dalam iklan tersebut. Stereotip laki-laki sangat identik dengan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan, kepribadian dan ciri laki-laki itu sendiri. Sebagai landasan teori, penelitian ini menggunakan pendekatan Semiotik John fiske, iklan televisi, Macho, Maskulinitas, Periklanan sebagai bentuk Komunikasi Massa, penggunaan warna dalm iklan, komunikasi non verbal, representasi. Penelitian ini, merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode semiotik. Korpus penelitian adalah iklan kopi Nescafe Classic versi Rasa lebih Hitam 5 scene. Data analisi dalam penelitian ini melalui 3 level yakni level realitas menekankan pada unsur penampilan, kostum, make-up, setting dan gerak tubuh. Level representasi yang berunsur pada teknik kamera, editing, pencahayaan dan suara. Level ideologi merupakan perngorganisasian dalam kesatuan dan penerimaan sosial seperti individualisme patriarki, umur, ras, pluralisme, dan sebagaianya. Dari data yang dianalisis peneliti menemukan representasi stereotip lakilaki yang berbeda dalam iklan Nescafe Classic. Perbedaan representasi itudigambarkan sebagai bentuk dan ciri laki-laki yang sebenarnya bukan bentuk stereotip laki-laki pada umumnya. Laki-laki yang digambarkan dalam iklan itu memiliki kemampuan sebagai kepribadian, ciri dan karekter stereotip laki-laki secara umum. Karena kegiatan dan alat yang digunakan menunjang mereka untuk menjadikan mereka dalam stereotip laki-laki.

        Item Type: Thesis (Undergraduate)
        Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and symbols
        Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
        Depositing User: Users 2 not found.
        Date Deposited: 17 Nov 2011 13:49
        Last Modified: 17 Nov 2011 13:50
        URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/2281

        Actions (login required)

        View Item