REPRESENTASI PERSAINGAN DALAM IKLAN KARTU AS (Studi Semiotik Iklan Kartu As Versi “Sule” di Televisi)

THEA , HINDIRA PURANI (2011) REPRESENTASI PERSAINGAN DALAM IKLAN KARTU AS (Studi Semiotik Iklan Kartu As Versi “Sule” di Televisi). Undergraduate thesis, Faculty of Social Sciences and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF (Cover - Bab1)
Download (1037Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab2 - Daftar Pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (3357Kb)

      Abstract

      Dalam salah satu prinsip etika yang diatur di dalam Etika Pariwara Indonesia (EPI), terdapat sebuah prinsip bahwa “Iklan tidak boleh merendahkan produk pesaing secara langsung maupun tidak langsung.” Di sinilah yang sebenarnya patut dijadikan sebagai objek pembicaraan dan diskusi. Sebagaimana banyak diketahui, iklan-iklan antar produk kartu seluler di Indonesia selama ini kerap saling sindir dan merendahkan produk kompetitornya. Persaingan provider celullar paling seru saat ini adalah antara XL dan Telkomsel. Berkali-kali kita dapat melihat iklan-iklan kartu XL dan kartu As saling menjatuhkan dengan cara saling memurahkan tarif sendiri. Kini perang kartu yang sudah ternama ini kian meruncing dan langsung tak tanggung-tanggung menyindir satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah representasi persaingan iklan Kartu AS Versi “Sule”. Penelitian ini menggunakan analisis semiologi John Fiske, yakni pemaknaan terhadap tanda (sign) yang terdapat pada iklan. Melalui proses pemaknaan tanda yang terdiri atas signifier (Petanda) dan signified (Petanda) pada scene atau potongan gambar Iklan Kartu As Versi “Sule”. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan datanya dilakukan dengan cara mengamati Iklan Kartu As Versi “Sule”di televisi secara langsung merekam dalam bentuk digital, kemudian mengcapture berdasarkan kerangka analisis melalui pendekatan semiotik John Fiske pada dua tatanan pemaknaan tanda denotasi dan konotasi. Data yang terdapat dalam objek penelitian dibagi dalam tiga level deskripsi visual yaitu level realitas, level representasi, dan level ideologi. Level realitas terdiri dari setting, wardrobe dan property, sedangkan level representasi terdiri dari sudut pengambilan gambar, pencahayaan dan tanda non verbal. Hasil dari penelitian ini adalah Iklan Kartu As dengan versi “Sule” di televisi secara keseluruhan atau konotasinya adalah repsentasi persaingan yang digunakan Kartu As yaitu memakai Sule yang diketahui sebagai bintang iklan Kartu XL, direbut oleh Kartu As untuk menggunakan sebagai saingan, dan juga kata-kata yang dipakai dalam Kartu As lebih ke arah menghina Kartu XL. Kata kunci : Iklan Kartu As, Semiotik, Fiske

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB238 Competition. Production. Wealth
      H Social Sciences > HF Commerce
      P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
      P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and symbols
      T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 17 Nov 2011 17:03
      Last Modified: 17 Nov 2011 17:17
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/2303

      Actions (login required)

      View Item