STUDI EVALUASI RUANG TUNGGU KEBERANGKATAN DAN KEDATANGAN DOMESTIK BANDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA

Rachmad , Hidayat Ricky (2012) STUDI EVALUASI RUANG TUNGGU KEBERANGKATAN DAN KEDATANGAN DOMESTIK BANDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA. Undergraduate thesis, Faculty of Civil Engineering And Planning.

[img]
Preview
PDF (Cover - Bab I)
Download (148Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab II - Daftar Pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (316Kb)

      Abstract

      ABSTRAK STUDI EVALUASI RUANG TUNGGU KEBERANGKATAN DAN KEDATANGAN DOMESTIK BANDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA Oleh : Rachmad Hidayat Ricky NPM : 0553010026 Bandara Internasional Juanda Surabaya memiliki peranan dan fungsi penting dalam sarana transportasi udara di Indonesia. Melihat kondisi ruang tunggu domestik khususnya yang kurang memenuhi syarat kebutuhan ruang tunggu dan fasilitas terminal yang ada. Maka dalam tugas akhir ini dilakukan evaluasi terhadap ruang tunggu keberangkatan dan kedatangan domestik, mengetahui kapasitas ruang tunggu, memperkirakan jumlah penambahan penumpang, mengetahui luasan dan fasilitas ruang tunggu yang ada sekarang masih dapat menampung penumpang hingga 5 tahun ke depan. Dengan adanya studi evaluasi ini diharapkan permasalahan yang ada saat ini dapat diatasi semaksimal mungkin. Tugas akhir ini dibuat dengan melakukan pendataan langsung ke lokasi (survey) dan melakukan pengambilan data kepada instansi terkait serta memperkirakan penambahan penumpang untuk 5 tahun ke depan, mengetahui kapasitas ruang tunggu untuk 5 tahun mendatang. Sedangkan untuk memperkirakan penambahan penumpang dan mengetahui kapasitas luasan ruang tunggu untuk menampung penumpang 5 tahun mendatang menggunakan perhitungan analisa regresi linier, rasio dan level of service dimana data penumpang per jam, per hari, per bulan, per tahun dan luas Bandara serta ruang tunggu mengacu pada data PT.Angkasa Pura I. Dari hasil perhitungan analisa regresi linier untuk penambahan penumpang 5 tahun kedepan sebesar 16.559.018 orang pada tahun 2016. Untuk mengetahui kapasitas ruang tunggu 5 tahun kedepan dapat diketahui dari penambahan jumlah penumpang yang terus miningkat setiap tahunnya, dari data 5 tahun terakhir tahun 2007 dengan jumlah penumpang 7.479.736 orang, tahun 2009 dengan jumlah penumpang 8.897.165 orang dan pada tahun 2011 mencapai 11.445.498 orang. Dari data penumpang eksisting yang terus bertambah dan hasil perhitungan Level of Service masing-masing gate sudah menunjukkan adanya antrian penumpang pada ruang tunggu domestik. Untuk menjawab apakah pada 5 tahun mendatang ruang tunggu masih dapat menampung penumpang, maka sudah dapat disimpulkan ruang tunggu yang ada tidak dapat menampung penumpang untuk 5 tahun mendatang. Kata Kunci : Penumpang domestik, Ruang tunggu, Bandara.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1225 Terminals (Transportation)
      T Technology > TH Building construction
      Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 04 Oct 2012 09:16
      Last Modified: 04 Oct 2012 09:17
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/3875

      Actions (login required)

      View Item