PENGARUH MOTIVASI, KETERAMPILAN SOSIAL, MINAT BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi UPN “Veteran” Jawa Timur)

ANDRI , PRIBADI TRIWIANTO (2012) PENGARUH MOTIVASI, KETERAMPILAN SOSIAL, MINAT BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi UPN “Veteran” Jawa Timur). Undergraduate thesis, Faculty of Economics.

[img]
Preview
PDF (cover - bab 1) - Published Version
Download (433Kb) | Preview
    [img] PDF (bab 2 - daftar pustaka) - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (593Kb)

      Abstract

      Dunia globalisasi telah membawa pengaruh yang besar dalam sistem pendidikan akuntansi, banyaknya teknologi yang berkembang sekarang ini seperti internet, komputerisasi dan sebagainya sangat memudahkan seorang mahasiswa dalam mengembangkan ilmu pengetahuannya, namun teknologi yang semakin berkembang tersebut bukanlah jaminan bagi dunia pendidikan untuk berhasil dan mencapai hasil yang maksimal. Kecerdasan emosional terbagi atas kecerdasan sosial dan kecerdasan pribadi, kecerdasan sosial terdiri atas keterampilan sosial dan empati sedangkan kecerdasan pribadi terdiri atas pengenalan diri, pengendalian diri dan motivasi, dalam penelitian ini, peneliti akan mengambil dua komponen dari kecerdasan emosional yaitu keterampilan sosial dan motivasi. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji secara empiris pengaruh motivasi, keterampilan sosial, minat belajar, dan kepercayaan diri terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur angkatan 2008. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling. Berdasarkan dari perhitungan dengan menggunakan rumus slovin, maka jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 66 orang. Model analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan adalah regresi linier berganda serta untuk mengetahui pungaruhnya digunakan uji f dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa variabel yang diteliti yaitu Peningkatan motivasi tidak berdampak nyata terhadap peningkatan pemahaman akuntansi mahasiswa sedangkan Peningkatan ketrampilan sosial, minat belajar, dan kepercayaan diri berdampak nyata terhadap peningkatan pemahaman akuntansi Kata kunci : Motivasi, Keterampilan Sosial, Minat Belajar, Kepercayaan Diri dan Pemahaman Akuntansi.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 16 May 2013 14:38
      Last Modified: 16 May 2013 14:38
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/4302

      Actions (login required)

      View Item