Peran PT. Gudang Garam tbk. dalam Mengembangkan “New Tourism” Melalui Konser Musik di Surabaya

Brian , Adam and Gazella , Rossalina and Paskalis , Dimas and Putri , Yuliana (2013) Peran PT. Gudang Garam tbk. dalam Mengembangkan “New Tourism” Melalui Konser Musik di Surabaya. GLOB AL & POLICY JOURNAL OF INTERNATIONAL RELATIONS, 1 (1). pp. 92-102. ISSN 2337-9960

[img]
Preview
PDF (Abstrak - Daftar Pustaka)
Download (120Kb) | Preview

    Abstract

    In Global tourism, any issue can be change and growth easily. Music concert easily held in Indonesia, especially in Surabaya it is becoming new tourism. To be one of the new program for promoting tourism in indonesia, PT Gudang Garam (tobacco corporation) being greater promotor to promote the program. And that program must support for tobacco product too. This paper will explain that PT. Gudang Garam can explore “new tourism” in Surabaya on 2007 – 2010. This paper start with the history of sponsorship Gudang Garam ini music concert, and the types of developing music sponsorship also continue with table of comparation tourism in Surabaya and finally there are result for that activities. This program can explain how cigarrette corp still get less contribution from local goverment. Keywords: “New Tourism”, Surabaya, Gudang Garam, Tourism, Music Sponsorship. Pariwisata dalam era globalisasi saat ini, makin berubah dalam perkembangan isu – isu yang mempengaruhinya. Semakin banyaknya konser musik yang hadir di Indonesia, khususnya Surabaya, menjadi salah satu bentuk upaya baru dalam pengembangan “new tourism” di Indonesia, khususnya Surabaya, PT. Gudang Garam muncul sebagai industri rokok yang ikut mengembangkan upaya tersebut. Meski begitu tidak dipungkiri hal itu juga sebagai upaya untuk promosi produk dari industri rokok tersebut. Dalam tulisan ini akan menjelaskan peranan Gudang Garam dalam pengembangan upaya “new tourism” di Surabaya tahun 2007 – 2010. Dimulai dengan pemaparan akan sejarah upaya sponsorship yang dilakukan, dilanjutkan dengan bentuk - bentuk upaya pengembangan dan pengambaran menggunakan perbandingan tabel perkembangan Tourism di Surabaya dan diakhiri dengan kesimpulan. Hal ini menjelaskan peran industri rokok masih dirasa kurang jika tidak didukung dengan peran pemerintah daerah. Kata-Kata Kunci: “New Tourism”, Surabaya, Gudang Garam, Pariwisata, Sponsor musik.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
    Divisions: UPN Jatim Journal > Global and Policy : Journal of International Relations
    Depositing User: Users 6 not found.
    Date Deposited: 25 Jun 2013 09:18
    Last Modified: 25 Jun 2013 09:19
    URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/4451

    Actions (login required)

    View Item